Cegah PMK, Pemkab Sampang Vaksin 2000 Sapi

Sapi Disintik Vaksin. (Rafi/Memo X) - Cegah PMK, Pemkab Sampang Vaksin 2000 Sapi
Sapi Disintik Vaksin. (Rafi/Memo X)

Sampang, SERU.co.id – Hewan ternak jenis sapi di Kabupaten Sampang, mendapat suntik vaksin gratis guna meningkatkan kesehatan. Hal itu, sebagai upaya menekan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) agar tidak semakin meluas.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang, Suyono menyampaikan, sapi ternak perlu penanganan serius supaya tetap dalam kondisi normal dan terhindar dari kasus infeksi PMK dengan cara memberikan suntik vaksin pada hewan.

Bacaan Lainnya

Langkah awal untuk mencegah penularan kasus penyakit hewan terbaru ini, pihaknya mengaku telah menyiapkan dua ribu dosis vaksin PMK untuk vaksinasi secara gratis.

Suyono dengan melibatkan petugas medis hewan, telah melakukan suntik vaksin PMK pada 100 ekor hewan ternak sehat milik warga Desa Panyirangan, Kecamatan Pangarengan, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya, syarat untuk mendapatkan suntik vaksin, hewan ternak sapi harus dipastikan tubuh dalam kondisi sehat dan terhindar dari infeksi PMK.

“Sasaran suntik vaksin PMK, khusus hewan sapi yang benar-benar sehat. Suntik vaksin dapat memberikan dampak meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh hewan,” ujarnya, Minggu (26/6/2022).

Suyono mengaku, alur pemberian suntik vaksin PMK gratis, hewan ternak sapi milik warga yang sehat dilakukan pendataan terlebih dahulu di lapangan. Satu botol vaksin, dapat menyuntik untuk 100 ekor sapi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *