Pertahankan Predikat Kota Sehat, Pemkot Malang Diganjar Swasti Saba Wistara

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, usai menerima Swasti Saba Wistara. (rhd)

Jakarta, SERU – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali meraih penghargaan di bidang Kota/Kabupaten Sehat. Dibawah kepemimpinan Walikota Malang, H. Sutiaji, Pemkot Malang berhasil meraih Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan diterima langsung oleh Wakil Walikota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Supranoto, serta Ketua Forum Malang Kota Sehat, Harinoto. “Penghargaan ini diraih Kota Malang, karena dukungan serta kerjasama dari semua elemen yang ada di Kota Malang,” ungkap Sofyan Edi, saat penyerahaan penghargaan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Selasa (19/11/2019).

Bacaan Lainnya

Swasti Saba merupakan penghargaan untuk kota atau kabupaten sehat yang terbagi dalam beberapa tingkatan, yakni tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Bung Edi, diapit Harinoto dan Supranoto. (ist)

Indikator dalam meraih predikat sebagai kota sehat cukup banyak dan lintas sektoral. Beberapa indikator yang dinilai oleh tim penilai, meliputi polusi udara, penyakit tidak menular, sampah, hingga komitmen pemerintah dalam bidang kesehatan dan menciptakan kawasan yang sehat.

Bung Edi, sapaan akrab Wawali, menambahkan, Pemkot Malang dalam hal ini Walikota Malang, akan terus berkomitmen untuk meningkatkan standart hidup sehat di Kota Malang berdasarkan tujuh tatanan yang telah dilaksanakan. “Berbagai inovasi akan terus kita lakukan dalam kaitannya mewujudkan Kota Malang yang sehat, sehingga makin memantapkan diri sebagai Kota Layak Huni,” tambahnya.

Ketujuh tatanan dimaksud adalah tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan tatanan sosial yang sehat.

Kedepan, lanjut Bung Edi, diharapkan seluruh masyarakat terus mendukung program kerja Pemkot Malang, agar prestasi ini tidak berhenti di sini. “Pada penilaian berikutnya, kita ingin agar Kota Malang dapat mempertahankan prestasi ini, tentu dengan bantuan Forum Malang Kota Sehat,” tandasnya. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *