Pameran dan Kampanye Lingkungan Hidup, UWG Gandeng Ecoton

Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT, memotong pita di depan stand instalasi botol plastik. (ws4) - Pameran dan Kampanye Lingkungan Hidup, UWG Gandeng Ecoton
Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT, memotong pita di depan stand instalasi botol plastik. (ws4)

Malang, SERU.co.id – Dalam rangka Dies Natalis ke-51 dan Peringatan Hari Air Sedunia, Fakultas Hukum (FH) Universitas Widyagama (UWG) Kota Malang mengadakan kolaborasi pameran dan kampanye lingkungan hidup. Menggandeng Ecological Observation and Wetland Conservation (Ecoton), dengan tema “Brantas Xoxo”, Selamatkan Brantas dan plastik.

Pameran “Brantas XoXo” bertujuan mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan sekitar, mengajak masyarakat terlibat dalam pengelolaan kualitas air dan mengurangi pencemaran limbah plastik. Menghadirkan enam stand untuk mengkampanyekan lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Sampah plastik sampai satu juta ton dan Indonesia masuk peringkat dua sedunia. Hal yang memprihatinkan, oleh karena itulah kita bekerjasama dengan penggiat lingkungan agar masyarakat sadar,” seru Dekan Fakultas Hukum, Kurnawan D. Negara.

Kurniawan D. Negara yang juga penggiat lingkungan menambahkan, kegiatan ini tidak hanya sekedar pameran, namun sebagai media belajar dengan mengundang semua Perguruan Tinggi (PT), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di sekitar kampus. Mereka membawa sample air untuk diuji kadar mikroplastiknya.

Mikroplastik seperti magnet yang mengikat dalam tubuh, bersifat Karsinogen menjadi penyebab utama dari kanker dan kecacatan. Menjadi perhatian bagi masyarakat untuk bijak dalam menggunakan plastik.

“Problem plastik tidak bisa dihilangkan, tapi mencoba memperlakukan plastik dengan bijak. Kesadaran masyarakat untuk membawa botol minuman sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT menambahkan, sebelumnya telah diadakan lomba fotografi hukum lingkungan tingkat SMA dan SMK, pemutaran film sampah plastik. Guna memfasilitasi dan mengedukasi perilaku menjaga lingkungan khususnya air sungai.

“Hari ini, adik-adik pemenang lomba juga menerima penghargaan. Harapannya menjadi kader di sekolah untuk mengurangi limbah plastik,” tambah Fachrudin.

Pemenang lomba foto lingkungan menerima penghargaan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT. (ws4) - Pameran dan Kampanye Lingkungan Hidup, UWG Gandeng Ecoton
Pemenang lomba foto lingkungan menerima penghargaan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT. (ws4)

Diawal pembukaan, diberikan penghargaan kepada pemenang lomba masing-masing kategori. Disusul dengan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UWG, Dr Ir Fachrudin MT, sebagai tanda dibukanya pameran dan kampanye, di depan stand Instalasi botol plastik yang telah dirancang megah, gambaran peduli dengan lingkungan khususnya limbah plastik.

Sebagai informasi, stand diawali dengan pameran instalasi botol plastik, mengumpulkan sampah plastik di sungai Brantas. Stand ke-2 pameran foto , berisi ekspedisi sungai Brantas, menggambarkan kondisi sungai Brantas dahulu dan sekarang yang sudah mulai tercemar mikroplastik.

Pengunjung di stand pameran foto, perhatikan keadaan sungai Brantas yang tercemar mikroplastik. (ws4) - Pameran dan Kampanye Lingkungan Hidup, UWG Gandeng Ecoton
Pengunjung di stand pameran foto, perhatikan keadaan sungai Brantas yang tercemar mikroplastik. (ws4)

Stand ke-3 yakni laboratorium mikroplastik, masyarakat terlibat dalam uji kualitas air dan mikroplastik di sungai, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi pencemaran sungai. Stand ke-4 menampilkan toko dan komunitas perempuan, pembeli membawa wadah sendiri untuk membeli kebutuhan

Disusul stand 5, pohon harapan, masyarakat menuliskan harapan beserta permasalahan yang dialami di sungai mereka. Stand terakhir menampilkan sampah rumah tangga, memberikan informasi pengelolaan sampah yang sistematis, terukur, komprehensif dan berkelanjutan. (ws4/mzm)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *