Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses

Dewan Pengurus APEKSI foto bersama di Taman Rekreasi Selecta. (ws3) - Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses
Dewan Pengurus APEKSI foto bersama di Taman Rekreasi Selecta. (ws3)

Batu, SERU.co.id – Rangkaian kegiatan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) berlangsung di Kota Batu, selama dua hari, Rabu-Kamis (26-27/1/2022). Diawali Rapat Dewan Pengurus Apeksi, di Ruang Rapat Utama (Rupatama), Balai Kota Among Tani, Rabu (26/1/2022) malam.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto, menyoroti isu-isu strategis, seperti implementasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Sistem Online Single Submission (OSS), Task Force, dan Gugus Tugas. Bima Arya juga membahas tentang kalender kegiatan APEKSI tahun 2022, seperti HUT APEKSI dan APEKSI OUTLOOK. Serta Rakernas XV APEKSI yang akan diselenggarakan di Padang pada Agustus mendatang.

Bacaan Lainnya

“Terobosan baru dalam acara APEKSI adalah Festival Komunitas Kreatif Kota untuk mengumpulkan ide muda-mudi kreatif di tiap kota. Untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota terkait pembangunan kota,” seru Bima Arya, sekaligus Wali Kota Bogor.

Menyaksikan mini pameran Produk Kota Batu. (ws3) - Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses
Menyaksikan mini pameran Produk Kota Batu. (ws3)

Selain mendengarkan sambutan Selamat Datang oleh Wali Kota Batu, peserta rapat juga mendengarkan penyampaian Laporan Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran APEKSI tahun 2021. Dilanjutkan dengan  Penyampaian Program Kerja dan Anggaran Tahunan APEKSI Tahun 2022. Serta mendengarkan tanggapan, masukan, dan saran Dewan Pengurus APEKSI atas laporan kegiatan dan penyampaian usulan program oleh Direktur Eksekutif.

Acara dilanjutkan dengan Pengesahan Program Kerja Tahun 2022, Anggaran Pendapatan dan Belanja APEKSI tahun 2022, serta persiapan penyelenggaraan Rakernas XV, dan Indonesia City Expo XVIII APEKSI Tahun 2022.

Acara dihadiri langsung beberapa Kepala Daerah. Antara lain, M Bobby Afif Nasution SE MM, Ketua Komisariat Wilayah I (Wali Kota Medan); Drs H SN Prana Putra Sohe MM, Ketua Komisariat Wilayah II (Walikota Lubuklinggau), H Dedy Yon Supriyono SE MM, Ketua Komisariat  Wilayah IV (Wali Kota Kupang), dr H Khairul  MKes, Ketua Komisariat Wilayah V (Wali Kota Tarakan) dan Capt H Ali Ibrahim MH, Ketua Komisariat Wilayah VI (Wali Kota Tidore).

Rapat Dewan Pengurus APEKSI di Balai Kota. (ist) - Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses
Rapat Dewan Pengurus APEKSI di Balai Kota. (ist)

Keesokan harinya, Kamis (27/1/2022), acara berlanjut dengan kegiatan outdoor. Dimana Wali Kota Batu mengajak para tamu istimewanya dengan kegiatan fun offroad di kawasan Bukit Jengkoang hingga ke Taman Rekreasi Selecta. Kegiatan diisi dengan penanaman pohon, lalu dilanjutkan wisata petik apel di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Di kawasan petik apel Tulungrejo inilah, awak media diperkenankan untuk melakukan wawancara.

Disela-sela kegiatan petik apel, kepada awak media, Dewanti Rumpoko mengaku, banyak menerima apresiasi dari peserta kegiatan Apeksi.

“Beliau-beliau bilang katanya luar biasa, apel yang dipetik langsung, ternyata rasanya lebih lezat dari apel Washington. Dan alhamdulillah, raker berjalan dengan lancar, banyak keputusan penting dan program selama 2022. Insya Allah akan direalisasikan,” ungkapnya.

Saat ditanya tentang bagaimana pengalaman offroad dari para wali kota, Dewanti mengaku semuanya senang, dan para wali kota merasa baru kali ini kegiatan Apeksi dilaksanakan dengan sangat seru.

“Ahamdulillah, wali kota semuanya tadi ada 18, merasa sangat senang, enjoy karena bisa melihat situasi dan kondisi yang lain. Saya ajak mereka keliling desa itu, sesuatu sekali. Dan membuat para wali kota ingin meniru kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Kegiatan Tanam Pohon di Bukit Jengkoang. (ist) - Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses
Kegiatan Tanam Pohon di Bukit Jengkoang. (ist)

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, lebih lanjut mengutarakan, pihaknya akan terus menghidupkan wisata di desa yang langsung berhubungan dengan alam. Demi tercapainya visi misi yaitu ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

“Kita akan menghidupkan wisata-wisata desa, yang punya hubungan dengan alam. Alamnya terjaga, tetapi wisata dan perekonomiannya jalan, itu yang ke depannya akan kita lakukan. Sehingga yang namanya ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’ itu betul-betul terasa bagi masyarakat Kota Batu,” tukasnya.

Dewanti Rumpoko preskon di Wisata Petik Apel. (ws3) - Rangkaian Kegiatan Dewan Pengurus Apeksi di Kota Batu Berlangsung Sukses
Dewanti Rumpoko preskon di Wisata Petik Apel. (ws3)

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto, saat memberikan keterangan pada awak media mengaku terkesan dengan Kota Batu. Terutama keindahan alam Bukit Jengkoang dan rasa buah apel khas Batu.

“Kami ini yang rapat kurang lebih ada 18 Wali Kota. Sudah bisa dibayangkan efeknya seperti apa, kalau kami bisa cerita kepada warga kami, di media juga, bahwa buah apel Batu manis dan  Bukit Jengkoang, di bawah Gunung Arjuno itu indah. Berapa juta yang akan terekspos dengan manisnya apel Batu dan indahnya Kota Batu” pujinya.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto tidak lupa mengucapkan terima kasih atas usaha dan kerja keras Pemkot Batu untuk kesuksesan acara APEKSI kali ini.

“Terima kasih Bu Wali atas hospitalitynya, kita insya Allah saling mendorong, mendukung, dan memajukan aset masing-masing, wisata masing-masing, potensi ekonomi masing-masing. Dan selamat, terima kasih sekali untuk Kota Batu yang sudah menjadi tuan rumah sangat baik, untuk rapat kerja pengurus APEKSI di awal tahun ini,” pungkasnya. (adv/ws3/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *