Jadi Jujugan PDAM se-Indonesia, Tugu Tirta Raih Top BUMD Awards

Direktur Utama Tugu Tirta, M Nor Muhlas SPd, MSi dan Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT. (ist) - Jadi Jujugan PDAM se-Indonesia, Tugu Tirta Raih Top BUMD Awards
Direktur Utama Tugu Tirta, M Nor Muhlas SPd, MSi dan Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT. (ist)

Malang, SERU.co.id – Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang meraih Top BUMD Awards tingkat nasional. Torehan tersebut berangkat dari pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang SDM dan industri 4.0.

Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan. Baik dari kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Bacaan Lainnya

“Penilaian dilakukan dengan melibatkan dewan juri para professor, doktor, serta para praktisi, konsultan bisnis dan tenaga ahli di bidangnya,” ungkap Ketua Penyelenggara, M Lutfi Handayani MM MBA.

Tugu Tirta dinominasikan meraih TOP BUMD Awards 2021 di sejumlah kategori penghargaan setelah melalui beberapa tahap. Di antaranya untuk kategori BUMD Perumda Air Minum Terbaik, Top CEO BUMD 2021, serta Top Pembina BUMD 2021.

“Keberhasilan kinerja BUMD tentu tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan kepala pemerintahannya. Dengan pertimbangan tersebut, Dewan Juri juga akan menetapkan kepala daerah yang BUMD nya berprestasi dan berkinerja baik, sebagai Top Pembina BUMD 2021,” papar Lutfi Handayani.

Beberapa dewan juri yang mengkurasi, di antaranya Presiden i-OTDA Prof Dr Djohermansyah Djohan MA, Guru Besar Universitas Padjajaran Prof Dr HM Wahyudin Zarkasy CPA, hingga praktisi Melani K Hariman PhD.

Dewan Juri juga penasaran mengapa Tugu Tirta begitu menginspirasi perusahaan daerah air minum lain di Indonesia dan menjadi jujugan tempat belajar alias studi banding. Hal ini sebagai bukti Perumda Tugu Tirta patut untuk mendapatkan nominasi ini.

Tak hanya pada program-program yang sudah menjadi panutan PDAM se-Indonesia, juga bukan hanya dalam tulisan, tapi sudah banyak bukti bahwa keahlian Perumda Tugu Tirta diaplikasi oleh sesama tukang ledeng.

Merespon hal ini, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas SPd MSi bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT menjelaskan, mengenai berbagai inovasi luar biasa Tugu Tirta untuk peningkatan pelayanan air minum Kota Malang.

Mukhlas menjelaskan, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi narasumber, mentor, atau pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan IT.

“Termasuk diantaranya menjadi mentor bagi PDAM se-Tanah Air, lewat pengembangan bisnis Training Center dan Technology Information Development,” beber Muhlas.

Pada kesempatan yang sama, juga dijelaskan mengenai inovasi baru unggulan Tugu Tirta, yakni ‘Si Raja Air’ yang sukses merajai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

“Si Raja Air adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan dan terminal air,” beber Ari Mukti.

Sebagai informasi, ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. (jaz/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *