Ahmad Dhafir Kembali Pimpin DPRD Bondowoso 2019-2024

Didampingi Tiga Wakil Ketua Sinung, Buchori, dan Supriyadi  

Bondowoso, SERU-  H. Ahmad Dhafir kembali memimpin Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD) Bondowoso definitif periode 2019-2024. Kepastian Dhafir menjadi ketua saat Rapat Paripurna Internal Pengumuman Penetapan 4 Nama Pimpinan DPRD Bondowoso definitif 2019-2024 di Ruang Paripurna Gedung DPRD setempat, Rabu (11/9./2019).

Bacaan Lainnya

            Jabatan Ketua DPRD Bondowoso merupakan kali keempat dipegang Dhafir. Sebelumnya, Ketua DPC PKB Bondowoso sudah tiga kali dipercaya menjabat Ketua DPRD. Yakni, periode 2004-2009 lewat PKB, 2009-2014 melalui PKNU, dan 2014-2018 kembali mewakili PKB. Pada periode 2019-2024, ini Dhafir kembali ditetapkan Ketua DPRD,  setelah diusulkan PKB sebagai partai politik (parpol) peraih kursi terbanyak di DPRD Bondowoso, yakni 14 kursi.

            Tiga nama pimpinan definitif yang dipercaya menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Tape –julukan Bondowoso- periode 2019-2024 mendampingi Dhafir adalah, Sinung Sudrajad dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), H. Buchori Mun’im dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan H. Supriyadi dari Partai Golongan Karya (P.Golkar). Keempat nama, ini diusulkan 4 parpol peraih kursi terbanyak di DPRD Bondowoso pada Pemilu Serentak 2019, yakni PKB 14 kursi, PDI-P 7 kursi, PPP dan Golkar sama-sama 6 kursi.

            ”Oleh karena itu, pimpinan DPRD Bondowoso sementara pada Rabu ini (11/9/2019) menggelar  rapat paripurna pengumuman penetapan empat nama pimpinan definitif 2019-2024. Karena, empat parpol yang berhak atas kursi pimpinan  DSPRD sudah membalas surat permintaan Ketua DPRD Bondowoso sementara menyerahkan surat rekomendasi dari DPP masing-masing untuk nama calon yang ditetapkan sebagai pimpinan definitif ke Sekretariat DPRD,” kata Agus Winarno, Plt. Sekretaris DPRD Bondowoso, Rabu (11/9/2019).

            Penetapan ketua dan tiga wakil ketua DPRD definitif, ini dituangkan dalam berita acara DPRD yang ditanda tangani Ketua dan Wakil Ketua DPRD sementara, H.Ahmad Dhafir dan M. Irsan M.Bachtiar. Seluruh anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna internal tertutup yang dipimpinan ketua dan wakil ketua sementara Dhafir dan Irsan menyetujui hasil keputusan penetapan empat pimpinan DPRD definitif. ”Selanjutnya berita acara penetapan ketua dan tiga wakil ketua DPRD Bondowoso periode 2019-2024 diserahkan Gubernur Jatim melalui Bupati Bondowoso untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan,” jelas Agus.

            Dhafir usai ditetapkan Ketua DPRD Bondowoso definitif melalui rapat paripurna internal mengatakan, dirinya sebagai Ketua DPRD Bondowoso sementara bersama Wakil Ketua Sementara M. Irsan M. Bachtiar sudah melaksanakan dua tugas pokok. Yakni, paripurna internal pembentukan enam fraksi plus ketua fraksi dan paripurna internal penetapan empat pimpinan DPRD definitif. ”Sekarang saya berharap SK Gubernur Jatim tentang pengangkatan pimpinan iDPRD Banyuwangi definitif periode 2019-2024 cepat selesai. Sehingga paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD segera dilaksanakan dan pimpinan DPRD definitif bisa segera memimpin pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” kata Dhafir. (ido).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *