Anggota DPRD Kota Batu Resmi Dilantik

cropped IMG 20190830 163936
cropped IMG 20190830 163936

Batu, SERU

30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Malang, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Batu, Jumat (30/8/2019).

Bacaan Lainnya

Ke-30 anggota DPRD Kota Batu masa jabatan 2019-2024 yang dilantik ini merupakan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berdasarkan penetapan KPU Kota Batu. Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Kota Batu ini dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor :171.422/945/011.2/2019 tentang Peresmian Pengangkatan anggota DPRD Kota Batu Masa Jabatan 2019-2024 pada tanggal 14 Agustus 2019.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kota Batu ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan secara simbolis oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Malang, Judi Prasetyo, bersama Nurochman, mewakili agama Islam dan Cahyo Edi Purnomo, mewakili agama Kristen. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan PIN dan penyerahan SK Gubernur Jawa Timur kepada anggota DPRD Kota Batu secara simbolis.

IMG 20190830 163922
Pelantikan anggota DPRD Kota Batu yang baru. (lih) — foto dari atas

Secara rinci ada 14 muka baru dan 16 incumbent mengikuti pelantikan, terdiri dari 4 wanita dan 26 pria dari PDIP 6 kursi, PKB 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 4 kursi, Nasdem 3 kursi, Demokrat 2 kursi, dan PAN 2 kursi. 

Berikut daftar nama anggota dewan incumbent terpilih, yaitu Nurochman (PKB), Asmadi (PDI-P), Didik Mahmud (Golkar), Katarina Dian (Gerindra), Nur Aulia Lishanti (PAN), Deddy Irfan Alwani (Demokrat), Dewi Kartika (PKB), Cahyo Edi Purnomo (PDI-P), Hari Danah Wahyono (Gerindra), Fahmi Alkatiri (Nasdem), Muhammad Didik Subiyanto (PKB), Sudiono (PKB), Ludi Tanarto (PKS), Heli Suyanto (Gerindra), Sampurno (PDI-P).

Lalu 14 anggota dewan baru, yaitu Sugandi (Golkar), Saifudin (PKS), Kukuh Kusbianto (PDI-P),  Bambang Sumarto (Golkar), Muchamad Chairul (PKS), Agung Sugiyono (Gerindra),  Khamim Thohari (PDI-P),  H. Rudi (PAN), Amirah Ghaida Dayanara (PDI-P), Suwandi (Demokrat), Nurudin Muhammad Hanifah (PKS), Ilyas (Golkar), Sujono Djonet (Nasdem) dan Jatmiko (Nasdem). 

Menurut Ketua Sementara DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo, tugas sebagai ketua sementara akan segera dilaksanakan, seperti memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, dan memproses penetapan pimpinan definitif DPRD Kota Batu. Kemudian, anggota lama yang lebih berpengalaman harus membantu dan  memfasilitasi anggota DPRD yang baru untuk menyusun rancangan peraturan tata tertib (tatib) DPRD Kota Batu. “Anggota baru juga harus secara seksama memperhatikan kepentingan rakyat sehingga memiliki singkronisasi antar lini,” papar Cahyo Edi Purnomo.

Ia menargetkan pembentukan keperluan DPRD yang meliputi fraksi, komisi A, komisi B, Komisi C, Badan Anggaran dan Badan Kehormatan selesai pada bulan Desember. Sehingga kooperatif antar dewan harus terjaga dengan baik. “Semoga bisa amanah dan anggota lama yang kembali bisa melanjutkan PR di masa jabatan periode sebelumnya,” harapnya. 

Untuk itu, ia pun berjanji akan mengebut menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dari anggota DPRD yang lama. Pasalnya dari target 21 peraturan daerah yang dibuat pada 2019, hanya terdapat 5 perda yang dibuat dan menyisakan 14 perda yang masih belum digarap. “Pesan kami anggota yang baru untuk bisa bersinergi secara intens dengan OPD karena tanpa adanya sinergitas maka rencana apapun tidak bisa terlaksana,” jelas Cahyo. 

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengucapkan selamat kepada anggota dewan yang dilantik. Dewanti berharap anggota dewan periode 2019-2024 bisa bersinergi dengan baik bersama Pemkot Batu untuk membangun Kota Batu dari segala sektor. “Selamat kepada anggota dewan yang dilantik, semoga DPRD dan Pemkot Batu bisa bahu membahu membangun Kota Batu untuk kemakmuran serta kemaslahatan bersama,” tutup Bude, sapaan akrabnya. (lih/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *