167 Siswa Siswi Al Muslim Turut Wisuda Tilawati Secara Virtual

WISUDA VIRTUAL - Sebanyak 167 siswa dan siswi SD, SMP dan SMA Al Muslim JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo diwisuda secara virtual, Sabtu (14/11/2020) - 167 Siswa Siswi Al Muslim Turut Wisuda Tilawati Secara Virtual
WISUDA VIRTUAL - Sebanyak 167 siswa dan siswi SD, SMP dan SMA Al Muslim JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo diwisuda secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Sidoarjo, SERU.co.id – Sedikitnya 167 siswa dan siswi SD, SMP dan SMA Al Muslim mengikuti prosesi wisuda secara virtual, Sabtu (14/11/2020). Ratusan pelajar ini, mengikuti Wisuda Tilawati ke 25. Kegiatan ini salah satu program kegiatan Yayasan Al Muslim Jawa Timur sebagai bentuk capaian yang dilewati siswa-siswi dalam membaca, meterjemahkan dan menghafal Al Quran.

Wisuda kali ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom. Hal ini karena mengingat kondisi masih pandemi Covid-19. Sebelumnya wisuda tilawati dilaksanakan secara offline (datang ke lokasi). Wisuda tilawati ke 25 ini diikuti 167 wisudawan/wisudawati baik dari jenjang pendidikan SD, SMP maupun SMA.

Bacaan Lainnya

Wisuda tilawati ini dilaksanakan dua kali dalam setahun (setiap semester). Terdapat tiga jenjang kelulusan dalam wisuda tilawati. Yakni jenjang Al Quran dimana siswa dinyatakan lulus membaca Al Quran secara baik dan benar. Kedua jenjang Terjamah Lafdhiyah yakni siswa dinyatakan lulus jika mampu menterjemahkan ayat satu per satu. Ketiga jenjang Tahfidz, yakni jenjang ini dinyatakan lulus ketika siswa mampu menghafal Al Quran dalam beberapa Juz.

“Ketiga jenjang ini dicapai setelah siswa mengikuti seleksi dan munaqosyah (ujian) yang dilakukan Tilawati Al Muslim dan Koordinator Cabang Tilawati Kabupaten Sidoarjo,” ujar Direktur Pimpinan Tilawati Pusat sekaligus Pendiri Metode Tilawati, Umar Zaini kepada Memo X, Sabtu (14/11/2020).

Bagi Umar, pelaksanaan wisuda tilawati tidak hanya sekedar prosesi wisuda. Akan tetapi, juga ada presentasi secara terbuka ketika sebelum pandemi siswa-siswi diuji secara publik di atas panggung dengan diberikan pertanyaan secara acak oleh penguji yang berasal dari audience. Mengingat kali ini, kondisi pandemi Covid-19, wisuda dilaksanakan secara virtual. “Tapi, tetap digelar presentasi. Penanya adalah guru tilawati,” imbuhnya.

Untuk rincian, wisudawan-wisudawati Tilawati Ke-25 diantaranya wisudawan Al Quran SD ada 27 siswa dan SMP ada 9 siswa. Kemudian wisudawan Terjemah Lafhdiyah SD ada 23 siswa, SMP ada 12 siswa dan  SMA ada 16 siswa. Terakhir wisudawan Tahfidz SD ada 22 siswa, SMP ada 33 siswa dan SMA ada 25 siswa. “Untuk jumlah total wisudawan  mencapai 167 siswa siswi mulai SD hingga SMA,” tegasnya.

Sementara dalam wisuda tilawati ke 25 ini dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak Elistianto. Wagub berpesan dalam potongan video. Baginya, program tilawati ini sangat penting untuk pengembangan karakter masyarakat Jawa Timur.

“Tentunya kami berharap Jawa Timur akan mewujudkan masyarakat yang maju, berakhlak dan berkarakter agar dapat berjalan di jalur yang diberkahi Allah SWT,” pintanya.

Sementara Umar Zaini menegaskan sangat senang upaya Yayasan Al Muslim yang menjadikan metode tilawati sebagai program unggulan. Hal ini mampu menjadi pembeda antara sekolah Al Muslim dengan sekolah lainnya dari sektor budaya yang dikembangkan Yayasan Al Muslim dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

“Wisuda bukan akhir dari segalanya. Kami berharap kepada para wisudawan-wisudawati agar terus meningkatkan kualitas baca dan tulis Al Quran serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai visi dan misi Al Muslim mencetak generasi pemimpin Quráni yang rahmatan lil alamin,” tandasnya. (wan/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *