Surabaya, SERU.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison memastikan kesiapan jaringan andal dan stabil di seluruh Jawa Timur jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Komitmen ini sejalan dengan semangat “Indosat ANDAL: Ada Nyata di Setiap Langkah” guna mendukung lonjakan mobilitas dan aktivitas digital masyarakat selama libur akhir tahun. Penguatan jaringan dilakukan melalui optimalisasi infrastruktur, pemantauan 24 jam dan pemanfaatan teknologi berbasis kecerdasan artifisial.
EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, Fahd Yudhanegoro mengatakan, Jawa Timur menjadi salah satu wilayah prioritas penguatan jaringan Indosat. Mengingat tingginya mobilitas dan aktivitas digital masyarakat pada periode Nataru. Hingga saat ini, Indosat mengoperasikan lebih dari 24.600 BTS di seluruh provinsi.
“Selama periode libur akhir tahun, trafik data di Jawa Timur diperkirakan meningkat hingga 15,5 persen dibandingkan hari normal. Malang menjadi top 5 dengan trafik data tertinggi di Jawa Timur. Peningkatan ini sejalan dengan tingginya penggunaan layanan komunikasi, hiburan digital hingga akses informasi perjalanan oleh masyarakat,” seru Fahd, Rabu (24/12/2025).
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Indosat melakukan optimalisasi jaringan secara menyeluruh. Khususnya di jalur-jalur utama perjalanan seperti jalan tol dan jalur arteri dan kawasan transportasi publik meliputi bandara, stasiun dan terminal. Penguatan jaringan juga dilakukan di 68 titik strategis, termasuk Bandara Internasional Juanda, wisata Jatim Park hingga alun-alun Kota Batu.
“Selain kawasan wisata dan transportasi, Indosat turut meningkatkan kualitas jaringan di pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan kawasan permukiman. Upaya ini dilakukan melalui peningkatan kapasitas di hampir 2.000 BTS. Ditambah penambahan site strategis dan pengujian kualitas jaringan secara berkala,” ungkapnya.
Seluruh pengelolaan jaringan tersebut dipantau secara terpusat melalui Digital Intelligence Operation Center (DIOC). Teknologi ini memungkinkan Indosat melakukan penyesuaian kapasitas jaringan secara real-time sesuai kebutuhan. Indosat juga memanfaatkan teknologi Digital Twin dan AI Agent untuk melakukan simulasi jaringan hingga mendeteksi potensi gangguan.
“Periode Natal dan Tahun Baru menjadi momen penting bagi masyarakat untuk tetap terhubung.
Melalui semangat Indosat ANDAL (Ada Nyata di Setiap Langkah), kami memastikan jaringan tetap kuat dan stabil di tengah lonjakan trafik. Dukungan teknologi berbasis AI dan kesiapan tim di lapangan menjadi kunci kami dalam menghadirkan konektivitas yang dapat diandalkan,” ujarnya.
Saat ini, lebih dari 400 ribu pelanggan Indosat di Surabaya tercatat sebagai pengguna aktif perangkat 5G. Layanan 5G Indosat kini telah tersedia di seluruh wilayah Surabaya dan sekitarnya, mencakup 32 kecamatan. Jaringan ini menjangkau kawasan bisnis, permukiman, pusat perbelanjaan, area pendidikan, hingga titik transportasi dan ruang publik.
Jaringan 5G Indosat menghadirkan pengalaman digital lebih optimal bagi masyarakat, khususnya selama periode libur Nataru. Mulai dari komunikasi, hiburan, navigasi perjalanan, hingga transaksi digital secara real-time. (aan/mzm)








