Tingkatkan Daya Saing UMKM Kopi, Polinema Berikan Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing

Tingkatkan Daya Saing UMKM Kopi, Polinema Berikan Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing
Panitia dan peserta pelatihan branding produk dan digital marketing PkM Polinema. (foto: ist)

Malang, SERU.co.id – Politeknik Negeri Malang (Polinema) berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM Kopi dan yang terkait. Melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertemakan “Peningkatan Kualitas Biji Kopi Petani Gunung Kawi Menggunakan Alat Pengering Otomatis Rotary Dryer”.

Ketua tim PkM POLINEMA, Ir. Ika Noer Syamsiana ST MT PhD IPU ASEAN Eng APEC Eng mengatakan, pelatihan digital marketing untuk membekali para pelaku UMKM. Dengan keterampilan branding dan marketing produk-produk melalui pembuatan konten-konten digital menarik dan efektif untuk menarik konsumen.

Bacaan Lainnya

“Dengan pemberian pelatihan ini, UMKM diharapkan mampu membangun ide-ide cemerlang konten digital untuk memaksimalkan potensi dunia digital. Sekaligus menambah wawasan para pelaku UMKM dalam membuat konten digital untuk meningkatkan visibilitas, daya saing produk-produk mereka di pasar yang lebih luas,” seru Ika Noer Syamsiana, dosen Prodi Teknik Listrik Polinema ini.

Tingkatkan Daya Saing UMKM Kopi, Polinema Berikan Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing
Pelatihan pembuatan konten digital. (foto: ist)

Disebutkannya, PkM merupakan implementasi dari program Inovokasi Kemendikbudristek untuk memberikan wawasan dan ide-ide baru kepada para pelaku UMKM. Khususnya dalam mempromosikan produk-produknya di era kompetitif dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Ketidakmampuan branding produk diikuti dengan pemasaran masih konvensional menyebabkan pasar kurang merespon produk. Sehingga penjualannya menjadi rendah dan dapat berakhir pada gulung tikar,” jelasnya.

Pelatihan dalam PkM ini tidak hanya mengajarkan dasar-dasar digital marketing, namun juga teknik-teknik sederhana untuk menciptakan konten-konten digital. Dengan target pasar masa kini, menggunakan peralatan sederhana dan memanfaatkan lingkungan yang ada, namun mampu menghasilkan output kontek digital yang berkualitas.

“Dengan demikian, para pelaku UMKM dapat secara mandiri membangun strategi pemasaran digital yang efektif. Namun berdampak besar dengan  menciptakan konten-konten digital yang mampu menarik perhatian calon konsumen dan meningkatkan penjualan produk-produknya,” harapannya.

Baca juga: Kolaborasi Polinema dan UMKM KUB Mustarika Jaya Makmur Tingkatkan Kualitas Susu Sapi Perah

Salah satu peserta pelatihan, Anies menyatakan, program ini sangat membantu mereka dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembuatan konten-konten digital yang sesuai.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, kami jadi lebih percaya diri dalam membuat konten yang tidak hanya menarik, tetapi juga sesuai dengan pasar yang kami targetkan,” ujarnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing di pasar digital. Dimana pada akhirnya akan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM itu sendiri.

Tim PkM POLINEMA ini merupakan para dosen lintas prodi. Di antaranya Marsekal Pertama TNI Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari ST MT IPU ASEAN Eng ACPE APEC Eng (Prodi Magister Terapan Teknik Elektro); Dr Dra Nila Fiernaningsih MAB dan Drs Pudji Herijanto MAB (Prodi Administrasi Niaga); Rahma Nur Amalia ST MT (Prodi Teknik Listrik), Wahyu Aulia Nurwicaksana SST MTrT, dan para mahasiswa dari prodi masing-masing. (*/rhd)

disclaimer

Pos terkait