Sensasi Berkendara Yamaha Nmax Turbo Bikin Sat Set ala NOS

Uji coba manuver berkendara Yamaha Nmax Turbo. (rhd) - Sensasi Berkendara Yamaha Nmax Turbo Bikin Sat Set ala NOS
Uji coba manuver berkendara Yamaha Nmax Turbo. (rhd)

Malang, SERU.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan produk terbarunya Yamaha Nmax Turbo pada bulan Juni 2024. Tentunya dengan mengusung performa, desain, fitur dan teknologi tercanggih di kelasnya.  Salah satunya fitur andalan ‘Turbo’ yang membikin sensasi berkendara dan manuver semakin sat set ala NOS (Nitrous Oxide System).

General Manager and Sales Marketing, PT. Roda Sakti Surya Megah (RSSM), Hari SE mengatakan, keunggulan Yamaha Nmax Turbo tak bisa dikatakan, namun dirasakan. Dengan berbagai fitur yang disematkan, pihaknya optimis marketshare Yamaha Nmax Turbo mampu menguasai 60 persen penjualan Yamaha.

Bacaan Lainnya

“Secara teknis mungkin banyak yang kurang paham apa sih istimewanya Yamaha NMax Turbo ini. Dari beberapa calon konsumen, dealer dan media yang pernah mencoba Yamaha NMax Turbo, mereka lantas bilang oh jadi begini ya, enak ternyata, intinya memuji,” seru Hari, Rabu (21/8/2024) sore.

Para pemilik dealer mencoba varian Yamaha Nmax Turbo. (rhd)

Menurutnya, animo masyarakat Jawa Timur cukup tinggi, dimana ada ribuan inden unit sejak diluncurkan Juni 2024. Sehingga pabrikan motor dari Jepang ini langsung menggenjot kuantitas produksi untuk memenuhi permintaan konsumen.

Mengusung mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru disempurnakan dengan teknologi Yamaha VVA, 4 Valve SOHC + Electric CVT (YECVT). Khusus YECVT disematkan pada tipe Turbo Tech Max dan Ultimate. Mampu memberikan kesan berkendara sensasi “Turbo” dengan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm/6500 rpm.

Yamaha NMax Turbo sudah menggunakan ban tubeless dengan ukuran ban depan  110/70 – 13 M/C 48P dan ban belakang 130/70 – 13 M/C 63P. Sehingga dengan badan bongsor namun seksi  seberat 135 kilogram, mampu menghasilkan akselerasi dan manuver optimal.

Yamaha Nmax Turbo meluncurkan 5 varian, harga on the road (OTR) Malang dan warna, di antaranya:
– Turbo Tech Max Ultimate, harga Rp47.551.000, warna Magma Black.
– Turbo Tech Max, harga Rp45.450.000, warna Magma Black.
– Turbo, harga Rp40.312.000, warna Elixir Dark Silver dan Magma Black.
– Neo S Version, harga, Rp36.059.400, warna Red, White, Dull Blue dan Black.
– Neo Version, harga Rp34.900.000, warna Red, White, Dull Blue dan Black.

Beberapa tombol di setang kemudi sebelah kiri, cukup membedakan kelima varian Yamaha Nmax Turbo. Pada tombol standar klakson, lampu sein, dan lampu jauh disematkan pada semua tipe. Namun tombol Y-Shift, tombol pilih menu layar MID, dan mode berkendara T-Mode serta S-Mode, hanya disematkan pada tipe Turbo, Turbo Tech Max dan Ultimate.

Fitur Y-Shift, MID, dan mode berkendara T-Mode serta S-Mode, terletak di setang kemudi kiri. (rhd)

Sementara pada setang kemudi kanan, secara umum tombol yang disematkan sama pada semua model. Seperti tombol starter, hazard, dan fitur start-stop system.

Pada laci penyimpanan Nmax Turbo Tech Max disematkan soket charger Type-C. Sedangkan pada varian Neo masih menggunakan tipe lighter, sehingga semuanya  sudah mengakomodasi kebutuhan sehari-hari.

Pada layar MID, pengendara bisa melihat mode berkendara, indikator Y-Shift, takometer, hasil konsumsi BBM, spidometer, hingga kecepatan rata-rata. Tak ketinggalan fitur navigasi, pesan, notifikasi, cuaca, dan musik yang terkoneksi dengan smartphone. Termasuk indikator suhu radiator, indikator tegangan aki, dan trip meter.

Terkait sistem navigasi pada layar instrumen, maps Garmin StreetCross (download aplikasi) nampak detail dengan peta bisa di-zoom out dan zoom in dari saklar. Maps tetap dapat digunakan walau sinyal jelek, karena tidak menggunakan data internet.

Awak media SERU.co.id bersama media dan blogger berkesempatan mencoba mengendarai Yamaha Nmax Turbo berbagai varian. Usai test ride, berbagai testimoni pun meluncur dari mulut awak media dan blogger.

“Pengalaman yang dirasakan saat menggunakan kedua tipe Neo dan Turbo, sangat jauh berbeda. Baik dapur pacu, akselerasi, hingga manuver saat tanjakan maupun turunan,” ungkap Cahyadi, salah satu blogger.

Senada, awak media SERU.co.id berkesempatan mencoba Yamaha Nmax Turbo tipe Neo S dan Turbo Tech Max Ultimate. Dengan rute turunan dan tanjakan di area Villa Buring, Cemorokandang.

Saat mengendarai Yamaha Nmax Turbo tipe Neo S, hampir sama dengan Nmax tipe sebelumnya, saat tanjakan tenaga yang dihasilkan biasa saja. Namun saat menggunakan Yamaha Nmax Turbo tipe Turbo Tech Max Ultimate, sensasi yang dirasakan sangat jauh berbeda. Seperti memiliki NOS (Nitrous Oxide System), sistem pendongkrak tenaga mesin secara instan lebih cepat secara mudah.

“Ketika pakai Neo, di tanjakan sangat terasa powernya kurang, susah mengejar rekan yang di depan. Beda ketika start menggunakan Turbo Tech Max Ultimate saya sempat ketinggalan rekan-rekan, karena mendahulukan pengendara umum di U-turn. Meski tertinggal jauh ratusan meter, saya mampu mengejar di tanjakan dengan kecepatan sekitar 80-90 km/jam,” ungkap Rahadi Adnil, awak media SERU.co.id.

Kemampuan mengejar tersebut, lantaran menggunakan fitur Y-Shift di setang sebelah kiri, dimana fitur Turbo ini memiliki tiga tingkatan. Yakni Shift 1/Low, Shift 2/Medium dan Shift 3/High. Sehingga sangat cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, menaklukkan tanjakan bahkan hingga turunan dan tikungan.

“Ketika turunan, saya aktifkan kembali fitur Y-Shift, sembari me-nol-kan gas, secara otomatis berubah menjadi engine break. Sehingga saya tidak terlalu kuat melakukan pengereman maupun takut selip,” imbuh Rahadi.

Selain itu, fitur Riding Mode, yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring), cukup membantu akselerasi dan tingkat kecepatan selain penggunaan fitur Y-Shift. Pada tipe Tech Max Ultimate, terdapat Performance Damper untuk mendukung handling yang semakin stabil selama perjalanan dan tikungan. (rhd)

Pos terkait