Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan Cabang Malang juga meluncurkan program PESIAR. Program tersebut merupakan kegiatan pemasaran sosial terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN.
“Program ini bekerja sama dengan pihak ketiga bernama Agen PESIAR. Ditugaskan sesuai rekomendasi perangkat daerah setempat. Saat ini, BPJS Kesehatan KCU Malang sudah memiliki 41 Desa Pesiar di Kabupaten Malang,” ungkapnya.
Baca juga: Presiden Hapus Sistem Kelas BPJS Kesehatan, Diganti KRIS
Nantinya, Agen PESIAR akan melakukan kegiatan sosialisasi, advokasi, edukasi dan publikasi Program JKN kepada warga desanya. Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan administrasi Program JKN.
Baca juga: BPJS Kesehatan Luncurkan PANDAWA Layani Masyarakat Tanpa Tatap Muka
“Harapannya satu desa satu agen. Penempatannya per desa, terutama perangkat desa atau orang yang ditunjuk kepala desa. Kami dan juga dari desa akan memberikan insentif walaupun tidak terlalu besar,” jelasnya.
Terakhir, Roni mengaku, sudah melakukan evaluasi terhadap Agen Pesiar dan cukup bagus. Hanya saja masih ada beberapa warga tidak menggunakan Agen Pesiar. Pihaknya juga sudah meminta desa membantu mensosialisasikan kepada masyarakat. (afi/ono)