Brigif Para Raider 18/SEY Kenalkan Mountaineering dan Ketahanan Pangan kepada Media se-Malang Raya

YouTube video

Malang, SERU.co.id – Sebagai bentuk menjalin kemitraan dan silahturami, Danbrigif Para Raider 18/Divif 2 Kostrad Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri menggelar media gathering bersama awak media massa Se-Malang Raya, di Mabrigif Para Raider 18/Sarvatra Eva Yudha, Jabung, Kabupaten Malang, Sabtu (11/7/2020).

Kegiatan yang digagas oleh Danbrigif 18/SEY Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri ini, semata untuk mempererat manunggaling TNI dan rakyat. Dalam hal ini, Keluarga Besar Brigif Para Raider 18/SEY dengan rekan-rekan media Se-Malang Raya.

Bacaan Lainnya

“TNI itu berasal dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat. Salah satunya rakyat itu awak media, sebagai bagian kontrol masyarakat terhadap siapapun, melalui informasi yang disampaikan. Maka sinergitas bagian rakyat ini mutlak,” ungkap pria yang memiliki keluarga besar asal Kasin, Malang ini.

Salam komando Brigif Para Raider 18/SEY dan Media se-Malang Raya. (ist)

Menurutnya, peranan media massa sangat berpengaruh dalam pembangunan bangsa dan negara. Pun TNI dalam menjaga stabilitas bangsa dan negara. “Dengan saling mengisi pembangunan melalui peran serta dan profesi masing-masing, sehingga kehidupan akan berjalan dinamis dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” beber Ndan Jufri, sapaan akrab pria yang baru saja menjabat Danbrigif Para Raider 18/SEY, Sabtu (27/6/2020) lalu.

Baca juga : Dandim 0833 Hadiri Upacara Serah Terima Jabatan Divif 2 Kostrad

Disebutkannya, Brigif Para Raider 18/SEY memiliki tiga batalyon, yaitu Yonif Para Raider 501 Malang, Yonif Para Raider 502 Malang, dan Yonif Para Raider 503 Mojokerto. “Ketiga batalyon ini merupakan batalyon tertua di Indonesia, dan menjadi bagian sejarah bangsa ini,” sebut Danbrigif 18/SEY, didampingi Pasiintel Brigif Para Raider 18 Kapten Inf Reza Satria.

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, M Taufik, mengapresiasi media gathering sebagai silahturami sinergi TNI-media. “Kegiatan silahturami ini sangatlah bermanfaat bagi sinergitas TNI-media. Semoga jalinan silaturahmi ini dapat terus berlanjut,” ucap Taufik.

Dalam kesempatan itu, suami Ny Selechun Hadi Al Jufri ini juga mengajak awak media meninjau latihan Mountaineering, yakni latihan jasmani militer dengan kemampuan fisik dan kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan, dengan menggunakan peralatan militer. Berbagai teknik tempur pun diperagakan pasukan Brigif Para Raider 18/SEY, seperti merambat di dinding, menembak di udara, dan lainnya.

Danbrigif Para Raider 18/SEY panen sayuran.
Danbrigif Para Raider 18/SEY panen sayuran. (rhd)

Selain itu, dikenalkan pula program ketahanan pangan dalam mengolah lahan pertanian dan perikanan di dalam area pangkalan militer ini. Tersedia lahan pertanian seluas 1,5 hektar untuk menanam sayur mayur, seperti selada, sawi, kol, tomat dan jagung. “Disini ada 1.500 prajurit dan  500 KK, yang merawat lahan pertanian dan perikanan di sini. Di tiap rumah wajib memiliki tanaman dan perikanan melalui program budidaya ikan dalam ember (budikdamber),” terang Danbrigif Para Raider 18/SEY.

Baca juga : HUT ke-77 TNI, Panglima TNI Minta Jajaran Jaga Kepercayaan Masyarakat

Menurutnya, dengan budikdamber ini dapat memanfaatkan lahan sempit di depan asrama masing-masing. Selain di dalam ember berisi ikan lele, diatasnya juga sebagai media tanam hidroponik. “Selain ketahanan pangan untuk para prajurit dan keluarga, juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar. Harganya juga jauh dibawah pasaran. Sawi daging dipanen 30 hari, dijual Rp 5-6 ribu dari harga normalnya Rp 7-8 ribu,” tuturnya.

Menggalakkan program budikdamber, di tiap asrama. (rhd)

Ada juga peternakan dan tambak untuk kebutuhan nutrisi para prajurit. Brigif Para Raider 18/SEY memiliki peternakan ayam potong, 17 sapi dan 30 kambing, 3 kolam ikan nila dan lele, dan lainnya. “Harapannya, selain untuk ketahanan pangan, prajurit juga memiliki keahlian tersebut untuk bekal saat pensiun sebagai kegiatan produktif bernilai ekonomi,” tandas Danbrigif Para Raider 18/SEY.

Turut hadir dalam kegiatan, Dandenma Brigif Para Raider 18/SEY Mayor Inf M Arifiyanto, Wadanyonif Para Raider 502/UY Mayor Inf Hari Mughni Nagara, serta Para Kasi dan Pasi Brigif Para Raider 18/SEY. (rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *