Langkah Bersama Ilmu Komunikasi UMM Dengan Batu Campsite dalam Perencanaan Event

Pitching Praktikum Public Relations dan Manajemen Event, Kelompok Axiomatic Creative Bersama Batu Campsite (Foto: Dokumentasi Pribadi) - Langkah Bersama Ilmu Komunikasi UMM Dengan Batu Campsite dalam Perencanaan Event
Pitching Praktikum Public Relations dan Manajemen Event, Kelompok Axiomatic Creative Bersama Batu Campsite (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Malang – 08 Mei 2024, Program studi Ilmu Komunikasi di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Mengemas mata kuliah praktikum dengan projek kerja nyata yang melibatkan klien. Sebagai bentuk kolaborasi untuk membangun hubungan baik dengan publik tertentu.

Axiomatic Creative menjadi salah satu kelompok praktikan dalam praktikum Public Relation dan Manajemen Event tahun 2024. Merancang dan mengkonsep sebuah event sesuai permasalahan dengan klien yang akan digandeng. Berdasarkan data survey dari BPS pada tahun 2023, ekonomi Kota Batu tembus 6,18%, dengan pariwisata sebagai sektor unggulan.

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini, Batu Campsite yang merupakan tempat wisata dengan dengan korean camp pertama yang berada di Jawa Timur. Berlokasi di Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Menjadi salah satu bagian dari Batu Flower Garden, yang mulai beroperasi pada tahun 2022.

Dalam hal itu perlu memperhatikan pemahaman profil dan kebutuhan publik, memilih media yang tepat untuk menyampaikan pesan, serta membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan media massa. Dan juga harus melihat efektivitas program komunikasi yang akan dilakukan. Sehingga, dapat mengidentifikasi permasalahan dan menentukan event yang sesuai dan tepat sasaran.

Dalam pembelajarannya, para praktikan diarahkan untuk melakukan riset terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan penyusunan program sesuai dengan data yang telah didapatkan pada riset. Bagaimana mengelola kampanye public relations yang efektif, merancang strategi komunikasi, serta mengorganisir dan menjalankan event dengan berbagai kemungkinan risk management. Disertai dengan berbagai model evaluasi dalam implementasi event.

Setelah penyusunan dan perancangan, dilakukannya pitching sebagai pertemuan antara pihak Batu Campsite dengan pihak perwakilan Ilmu Komunikasi UMM. Diwakilkan dengan dosen pengampu yaitu Jamroji S.Sos, M.Comms, dan Novia Zahro M.Ikom. Dalam hal ini, adanya pemaparan hasil dan juga bertukar ide untuk menemukan jalan terbaik untuk mengembangkan potensi yang ada.

“Dengan pemanfaatan berbagai potensi yang ada, dapat melaksanakan event yang bahkan minim budget untuk dikeluarkan” ucap Jamroji.

Ide yang dirancang dengan mengembangkan berbagai sektor yang ada dalam harmonis kekeluargaan. Batu Campsite in Harmonious Nature menjadi event anniversary pertama. Kolaborasi ini akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik dari sektor pemerintah, pelaku industri, akademisi. dan masyarakat.

Memanfaatkan kekayaan alam untuk merasakan ketenangan jiwa dan pikiran. Dalam setiap cerita yang dibagi, tawa yang bergema, dan kenangan yang tercipta. Hal ini sesuai dengan yang akan disuarakan yaitu Recharge in Nature, Refresh Your Mind. (Apriani Nurhasanah)

disclaimer

Pos terkait