Hujan Disertai Angin, Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum di Kabupaten Malang Rusak

Hujan Disertai Angin, Tiga Kecamatan di Kabupaten Malang Terdampak
Angin merobohkan pohon besar di Kecamatan Jabung. (foto:ist)

Malang, SERU.co.id Bencana angin kencang disertai hujan lebat melanda tiga kecamatan di Kabupaten Malang, Kamis (30/11/2023). Atas kejadian itu puluhan rumah dan fasilitas umum rusak tersapu angin dan tertimpa pohon tumbang. Ketiga kecamatan itu meliputi Kecamatan Jabung, Kecamatan Karangploso dan Kecamatan Singosari.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi awalnya hanya melanda Kecamatan Singosari. Setidaknya ada 4 titik lokasi bencana itu akhirnya menimbulkan kerusakan.

Bacaan Lainnya

“Menyebabkan 4 titik lokasi di wilayah Kecamatan Singosari terdampak bencana sehingga menimbulkan kerusakan pada rumah warga,” seru Sadono saat dikonfirmasi SERU.co.id.

Baca juga: Kabupaten Malang Zona Merah Angin Kencang

Kemudian sekitar pukul 14.30 WIB, angin hujan lebat juga melanda di Kecamatan Karangploso.

“Terjadi di wilayah desa ngenep, kecamatan Karangploso mengakibatkan tujuh rumah mengalami kerusakan di bagian atap,” tuturnya.

Sebelumnya, di Kecamatan Jabung yang angin kencang dengan hujan deras menerjang wilayah tersebut sekitar pukul 13.00 WIB yang mengakibatkan tiga desa di kecamatan ini turut terdampak.

“Desa sukolilo, Desa Kemantren, Desa Jabung Kecamatan Jabung. Pada pukul 12.30 WIB hujan disertai angin khususnya di wilayah Kecamatan Jabung yang mengakibatkan beberapa pohon patah menutup jalan dan menimpa atap rumah dan beberapa rumah yang atapnya terbawa angin,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Malang Resmikan Jembatan Penghubung Dua Desa di Jabung

Dari data yang berhasil dihimpun oleh BPBD Kabupaten Malang, kerusakan bangunan rumah masyarakat dan fasilitas umum :

#Kecamatan Singosari terdapat empat titik :

-Kelurahan Candirenggo,10 rumah warga rusak ringan dan 3 rumah warga rusak  sedang.

-Desa Dengkol, 3 rumah warga rusak ringan

-Desa Gunungrejo, 26 rumah warga rusak ringan dan satu rumah warga rusak berat. Sehingga penghuni rumah harus mengungsi.

– Desa Banjararum, 1 Tempat usaha Rusak Ringan dan 1 tiang milik PLN roboh.

Untuk kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga adalah terpal 3 pcs, peralatan tidur 2 paket (kasur dan selimut), kidswear 1 paket dan peralatan dapur 1 paket.

Sementara itu di Kecamatan Karangploso mengakibatkan  6 rumah warga rusak ringan dan 1 rumah warga rusak berat. Sedangkan di Kecamatan Jabung ada tiga desa terdampak.  Desa Sukolilo, 14 rumah rusak ringan, 2 rumah rusak sedang dan satu fasilitas umum Sekolah Miftahul Huda. Desa Kemantren, enam rumah rusak ringan dan satu fasilitas umum Puskesmas Jabung rusak bagian atap. Desa Jabung, 6 rumah rusak ringan dan fasilitas umum TK Baitul muklisin Jl Kelud RT 2 Rw. 01.  (wul/ono)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *