Prosesi Pemakaman Mantan Wali Kota Batu ER Berlangsung Haru

Suasana saat kedatangan jenazah alm. H Eddy Rumpoko di rumah duka, Jalan Trunojoyo 13 Kota Batu. (Seru.co.id/dik) - Prosesi Pemakaman Mantan Wali Kota Batu ER Berlangsung Haru
Suasana saat kedatangan jenazah alm. H Eddy Rumpoko di rumah duka, Jalan Trunojoyo 13 Kota Batu. (Seru.co.id/dik)

Batu, SERU.co.id – Ribuan pelayat mendatangi rumah duka Wali Kota Batu periode 2007-2017, alm. H. Eddy Rumpoko yang berada di jalan Trunojoyo 13 Kelurahan Pesanggrahan, Kota batu. Tampak hadir di rumah duka, Pejabat dan Forkopimda di wilayah Malang Raya, pimpinan OPD Pemkot Batu, mantan kepala OPD era kepemimpinan Eddy Rumpoko, pimpinan dan pengurus partai politik, Ormas, pemuka agama dan pelayat dari berbagai kalangan.

Jenazah mendiang Eddy Rumpoko tiba di rumah duka sekitar pukul 13.40 WIB, disambut isak tangis yang disertai lantunan zikir. Usai beberapa saat disemayamkan di rumah duka, jenazah kemudian diantar ke masjid Brigjen Soegiono untuk disholatkan. Ratusan Jamaah termasuk para ASN Pemkot Batu, memanfaatkan kesempatan ini untuk mensholati pria yang akrab disapa ER itu

Bacaan Lainnya

Salah satu pelayat, Ketua Komisi C DPRD Batu, Khamim Tohari, mengaku turut kehilangan sosok yang dinilainya memiliki prestasi besar untuk pembangunan Kota wisata Batu. Mendiang Eddy Rumpoko mampu mengubah Kota Batu dari yang hanya kota kecil menjadi ikon wisata di Jawa Timur. Sehingga saat ini masyarakat Kota Batu dapat menikmati hasil dan karya dan kebijakan Eddy Rumpoko tersebut.

Baca juga: Apel Pagi Akhir Masa Kepemimpinan Dewanti Punjul Berlangsung Haru

“Beliaulah yang Mencetuskan istilah Kota Wisata Batu (KWB), sehingga hari ini Kota Batu dikunjungi dari daerah manapun, baik dari Jawa maupun luar Jawa, bahkan luar negeri,” serunya.

Ratusan jamaah mensholatkan mendiang alm. H Eddy Rumpoko di Masjid Brigjen Soegiyono Pemkot Batu. (Seru.co.id/dik) - Prosesi Pemakaman Mantan Wali Kota Batu ER Berlangsung Haru
Ratusan jamaah mensholatkan mendiang alm. H Eddy Rumpoko di Masjid Brigjen Soegiyono Pemkot Batu. (Seru.co.id/dik)

Senada. Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan, saat ditemui SERU.co.id di Masjid Brigjen Soegiyono juga mengaku sangat kehilangan sosok ER. Dikatakannya, ER adalah sosok “pemoles” Kota Batu hingga menjadi Kota Wisata Batu seperti saat ini. Dari tangan dingin Eddy Rumpoko, akhirnya Kota Batu menjadi kota wisata yang hasilnya sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Tidak hanya pariwisata tapi juga pertanian dan lain-lainnya,” imbuhnya.

Baca juga: Wali Kota Batu Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Kota Batu

Usai salat dan didoakan di masjid Brigjen Soegiono, jenazah kemudian diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Batu. Sebuah liang lahat disiapkan di sebelah barat untuk menjadi peristirahatan terakhir mantan Wali Kota yang gemar dengan olahraga trail tersebut. Ibunda Eddy Rumpoko dan orang-orang terdekat turut menghantarkan kepergian pria yang lahir 8 Agustus 1960 itu.

Tampak hadir di TMP Suropati, Pj. Wali Kota Batu, Dr Aries Agung Paewai SSTP MM, Pj. Wali Kota Malang, Dr. Wahyu Hidayat MM dan Ketua DPRD Malang, I Made Riandiana Kartika SE. Hingga berita ini diturunkan, proses pemakaman masih berlangsung dalam guyuran hujan deras. (dik/mzm)

Tonton juga videonya di sini:

YouTube video

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *