Sidoarjo, SERU.co.id – Mendorong penggunaan digital marketing kalangan UMKM pemula, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komunitas UMKM Sidoarjo. Bakal menggelar diskusi literasi digital di Ruas Jalan Gadung-Margomulyo, Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (28/7/2023) pukul 17.00.
Diskusi luring (offline) bertajuk ”Digital Marketing Bagi UMKM Pemula” itu akan menghadirkan tiga narasumber. Yakni: model sekaligus kreator konten Wiekalyana Sotya Perdana, Mom Influencer Novindah Sochmariyanti, penyiar radio Danin Sibilo, dan Riska Regita selaku moderator.
”Diskusi literasi digital masuk desa ini digelar gratis dengan cara mengisi link registrasi peserta di https://s.id/
Baca juga: Kemenkominfo Berbagi Kiat Aman Berselancar Internet di Gebyar Pasar Rakyat Tajinan Malang
Terkait tema diskusi, Kemenkominfo menjelaskan, di era yang serba digital sekarang ini, perilaku produsen dan konsumen hampir semuanya telah berubah haluan menjadi serba digital. Digitalisasi dalam proses niaga jual beli sepenuhnya menjadi tuntutan, agar usaha bisa survive dan berkembang.
”Dari sisi produsen, baik pengusaha kecil, seperti UMKM hingga yang berskala besar seperti perusahaan korporat. Kini telah banyak yang mulai mengimplementasikan strategi digital marketing untuk bisnisnya,” jelas Kemenkominfo dalam rilis.
Digital marketing, menurut Kemenkominfo, merupakan usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Jika pada masa lalu pemasaran produk bergantung pada medium flyer atau baliho, kini memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.
Baca juga: Kemenkominfo Ajak Pemuda Bahas Pengembangan Seni Budaya di Media Digital
”Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis, mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif, dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik. Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing, dan mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki,” rinci Kemenkominfo, terkait alasan penggunaan digital marketing.
Adapun langkah memulai digital marketing untuk pemula, sambung Kemenkominfo, yakni:
– tentukan target pasar dan pilihan produk,
– pilih produk yang menjadi solusi terbaik,
– bangun website dan media sosial, serta
– gunakan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan Social Media Ads.
Selain diskusi yang digelar ”chip in” di acara ’Gebyar Semangat Pemuda’ memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 dan bersih desa. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan parade musik patrol, bazar murah UMKM, dan seni hiburan lainnya. Literasi digital dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI itu diharapkan mampu mendorong para pemuda dalam berkarya mengisi kemerdekaan.
Baca juga: Kemenkominfo Bagikan Kiat Aman Berselancar Internet di Lapangan Pucang Simo Jombang
Diskusi literasi digital pada lingkup komunitas, untuk diketahui, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.
Tahun ini, program IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.
Program #literasidigitalkominfo tersebut tahun ini dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 18 mitra jejaring, program ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.
Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (*/rhd)