Peringati World Environment Day 2023, DLH Batu Kampanyekan Buang Sampah Malam Hari

Kepala DLH Batu, Aries Setiawan SSTP. (dik) - Peringati World Environment Day 2023, DLH Batu Kampanyekan Buang Sampah Malam Hari
Kepala DLH Batu, Aries Setiawan SSTP. (dik)

Batu, SERU.co.id – Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap 5 Juni. Tema world environment day 2023 kali ini adalah Beat plastic pollution.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aries Setiawan SSTP mengatakan, fokus pemerintah Kota (Pemkot) Batu saat ini dalam peringatan tersebut adalah menindaklanjuti imbauan untuk seluruh masyarakat dan wisatawan. Isi imbauannya adalah untuk menjaga kebersihan dan keindahan dengan membuang sampah pada tempatnya. Khusus kepada warga Kota Batu, pihaknya menggencarkan himbauan seputar waktu yang tepat untuk membuang sampah.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Kartini Pejuang Bank Sampah Kota Batu, Diganjar Penghargaan Ibu Negara

“Waktu pembuangan sampah warga yakni mulai pukul 18.00 WIB sampai 24.00 WIB . Sementara jam untuk pengambilan sampah dimulai dari jam 24.00 malam hingga pukul 06.00 pagi,” serunya.

Aries, sapaan akrabnya menyebutkan, teknis pembuangan dan pengambilan sampah ini dinilai efektif untuk membuat wajah Kota Wisata Batu selalu nampak bersih. Sebab, setibanya di tempat pembuangan akhir sampah (TPS) Desa Tlekung, sampah langsung bisa diproses sesuai dengan jenisnya oleh petugas sampah yang mulai bekerja pagi hari. Sampah sayur dan buah bisa jadi pakan Maggot yang juga dikembangkan oleh DLH Batu.

Baca juga: KLHS Bantu Pemkot Batu Pastikan Rencana Pembangunan Daerah Ramah Lingkungan dan Sosial

“Kita sudah punya mesin Pirolisis untuk membakar sampah dengan cara yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Mantan Camat Batu ini juga mengajak agar masyarakat untuk saling bergotong-royong dan bergerak untuk menuntaskan masalah sampah untuk masa depan yang lebih baik. Dikutip dari worldenvironmentday.org, dunia sedang dibanjiri oleh jutaan ton plastik yang hanya bisa sekali pakai. Diperkirakan ada 19-23 juta ton yang berakhir di danau, sungai, dan laut.

“Selamat hari lingkungan hidup sedunia 2023. Kurangi polusi sampah plastik untuk bumi yang lebih hijau,” pungkasnya. (dik/mzm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *