Verifikasi Berkas Bacaleg KPU Pamekasan Berjalan 50 Persen

Moh Amiruddin Devisi Teknis penyelenggaraan KPU Pamekasan. (udi) - Verifikasi Berkas Bacaleg KPU Pamekasan Berjalan 50 Persen
Moh Amiruddin Divisi Teknis penyelenggaraan KPU Pamekasan. (udi)

Pamekasan, SERU.co.id –┬áVerifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari 360 dengan 18 partai politik (Parpol) yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan memasuki tahap penyelesaian dengan persentase 50 persen.

“Proses verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) berjalan lancar. KPU membuat empat sampai enam tim verifikator yang tiap-tiap tim memeriksa dokumen persyaratan bakal Caleg dari tiga Parpol. Bahkan pada proses verifikasi yang mulai berjalan pada 15 Mei ini, tiap-tiap tim sudah menyelesaikan verifikasi administrasi para bakal Caleg dari satu Parpol. Sesuai agenda tahapan Pemilu, verifikasi ini akan berjalan hingga 23 Juni mendatang,” seru Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pamekasan, Moh Amiruddin. Jum’at (2/6/2023).

Baca Lainnya

Saat proses pendaftaran Bacaleg pada 1-14 Mei 2023, yang dijadikan kategori yakni kelengkapan dokumen syarat Bacaleg. Jika sudah dinyatakan lengkap, akan diterbitkan dengan berita acara perihal kelengkapan berkas dokumen.

“Selanjutnya dilakukan verifikasi, ini yang digunakan kategori ada dua, yaitu apakah dokumennya sudah benar dan sah atau belum. Apabila kemudian ditemukan dokumen yang katakanlah dinyatakan belum benar atau belum sah nanti pada masanya akan disampaikan kepada partai politik untuk dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Menurut pria alumni pesantren itu, KPU pamekasan juga memberikan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat sehingga pengawasan bisa lebih optimal.

“Dengan hal tersebut Bawaslu bisa mengawasi langsung verifikasi administrasi bacaleg dari berbagai Parpol yang sudah mendaftar dari Kabupaten/Kota,” pungkasnya. (udi/mzm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *