Bahas Digital Marketing, Kemenkominfo Ajak UMKM Diskusi di Arena Pasar Wisata Pasuruan

Digital Marketing Bagi UMKM Pemula. (ist) - Bahas Digital Marketing, Kemenkominfo Ajak UMKM Diskusi di Arena Pasar Wisata Pasuruan
Digital Marketing Bagi UMKM Pemula. (ist)

Pasuruan, SERU.co.id – Guna meningkatkan penjualan UMKM, utamanya pemasaran dengan menggunakan digital marketing, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan UMKM Kabupaten Pasuruan. Dengan menggelar diskusi literasi digital untuk komunitas UMKM di arena Pasar Wisata Pakukerto, Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (2/6/2023) pukul 16.00.

Diskusi luring (offline) bertajuk ”Digital Marketing Bagi UMKM Pemula” yang digelar secara ”chip in” dalam acara ”Pasar Wisata Bumdes”. Akan menghadirkan tiga narasumber, yakni Mom influencer Novindah Asochmariyanti, musisi Danin Sibilo, key opinion leader diskusi Nessa Icha, dan Arief Boo sebagai moderator.

Bacaan Lainnya

”Diskusi dapat diikuti secara gratis. Caranya, cukup dengan mendaftar di link registrasi https://s.id/DaftarPasuruan0206. Peserta akan mendapat e-sertifikat, juga hadiah e-money senilai Rp 1 juta untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilis kepada SERU.co.id, Kamis (1/6/2023) malam.

Selain diskusi, ajang promosi produk UMKM setempat itu akan diisi dengan acara doa dan tasyakuran, festival jajanan dan oleh-oleh, kuliner kekinian, dan wahana mainan.

”Jadi, selain mendapat hiburan dari Cak Sodiq New Monata, peserta juga mendapat ilmu pemasaran digital,” imbuh Kemenkominfo.

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo menjelaskan, salah satu strategi pemasaran UMKM agar bisa naik kelas pada saat ini. Dengan melakukan pemasaran melalui media digital (online). Salah satunya dengan cara membangun jaringan di media sosial.

”Penting, membuat media sosial sesuai dengan nama daerah, posting secara konsisten. Kemudian membuat alamat usaha di Google Maps, membangun jaringan reseller, dan menjaga kualitas barang,” pesan Kemenkominfo.

Kemenkominfo menambahkan, di samping digital marketing, banyak pelaku UMKM belum mengetahui tentang tata cara atau teknis mendaftarkan merek dagang milik sendiri.

”Apalagi sebagian pemilik UMKM pemula belum paham betul akan digital marketing di era yang serba digital ini,” ujar Kemenkominfo.

Sekadar diketahui, diskusi literasi digital pada lingkup komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #Makin Cakap Digital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Tahun ini, program IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Program #literasidigitalkominfo tahun ini dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (*/rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *