BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang Bekali Siswa Magang

Kasubag TU Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Ulil Mu'amar (kiri) dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang, Nurhadi Wijayanto. (ful) - BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang Bekali Siswa Magang
Kasubag TU Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Ulil Mu'amar (kiri) dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang, Nurhadi Wijayanto. (ful)

Jombang, SERU.co.id – BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang gelar sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi peserta didik Praktek Kerja Lapangan (PKL) serta Magang SMK Negeri dan Swasta Wilayah Kerja Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang.

Sosialisasi dilakukan bersama Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang. Dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang, Nurhadi Wijayanto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang diwakili Kasubag TU Cabang Dinas Pemdidikan Kabupaten Jombang, Ulil Mu’amar serta Kepala Sekolah SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya

“Kami bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang untuk melakukan sosialisasi terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada lembaga Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Jombang,” seru Nurhadi Wijayanto, kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang bertempat di Edo Hotel SMK Negeri 1 Jombang, Rabu(31/5/2023).

“Responnya bisa diterima dengan baik, karena tujuan kami saat ini adalah mensosialisasikan terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga didik pendidikan pada lembaga sekolah. Sekaligus bagi peserta didik yang melaksanakan praktek kerja lapangan,” ujarnya.

Lanjutnya, bagaimanapun juga yang namanya risiko sosial tidak bisa diduga kapan datangnya. Semua orang punya risiko termasuk peserta didik ketika melaksanakan suatu praktek kerja lapangan.

“Kita harapkan tidak ada resiko yang mereka terima. Kalaupun itu terjadi paling tidak bisa membantu terkait biaya pengobatan dan perawatan. Tindak lanjut follow up dari pihak sekolah melalui dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang akan menginformasikan secara formal, sekaligus akan menindaklanjuti kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) karena contac person juga sudah kita sampaikan. Sebelum peserta didiknya berangkat melaksanakan praktek kerja lapangan diharapkan sudah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kasubag TU Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Ulil Mu’amar juga menyampaikan, kegiatan ini sudah sesuai dengan arahan dari Gubenur Provinsi Jawa Timur dan juga ada nota Dinas dari Kepala Dinas Pendidikan. Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengharuskan apa yang menjadi himbauan dan harapan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Sebelum digelar sosialisasi ini, kita sudah melakukan zoom metting dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta rekan-rekan BPJS. Tujuan dari kegiatan ini agar siswa yang akan melakukan praktek kerja lapangan sudah dibekali perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga jika ada risiko sosial sudah ada yang mengcover,” jelasnya.

Usai sosialisasi, Kepala sekolah SMK Negeri, Gudo Sulikan mengatakan, sosialisasi BPJS ketenagakerjaan sangat bagus untuk pencegahan, priventif bagi siswa magang

“Saya sangat mendukung program pemerintah melalui BPJS karena mempunyai dampak positif dan bagus bagi kita semua. Nantinya akan saya sosialisasikan kepada siswa yang akan magang sebagai bekal perlindungan dari BPJS Ketenagajerjaan. Program tersebut termasuk perlindungan untuk siswa guna memberikan perlindungan dari sisi sosial maupun lainnya,” tandasnya. (ful/mzm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *