Malang, SERU.co.id – Tingginya perhatian media cetak dan online terkait isu dan perkembangan positif, menghantarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendapat Public Relation Indonesia Award (PRIA) tahun 2023. Kategori yang diterima Pemkot Malang yakni kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 subkategori Pemerintah Kota.
Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto. Ajang bergengsi ke-8 ini dilaksanakan di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Denpasar, Jumat (17/3/2023).
Founder dan CEO Public Relation (PR) Indonesia, Asmono Wikan menyampaikan, penjurian dilakukan bekerja sama dengan Indonesia Indicator. Sedangkan jumlah nominasi yang masuk dalam penilaian sebanyak 250 media cetak dan 11.000 media online.
“Metode penilaian pada kategori ini berdasarkan total dan sentimen pemberitaan (eksposur) di lebih dari 250 media cetak dan 11.000 media online selama rentang waktu 1 Januari 2022–31 Desember 2022,” jelas Asmono.
Baca juga: Perkuat Kemandirian Ekonomi, Pemkot Malang Luncurkan Aplikasi Belanja UMKM Malpro
Menurut Asmono, PR Indonesia Award tahun 2023 mengusung tema ‘Komunikasi untuk Peradaban Negeri’. Sekaligus menjelaskan tentang pentingnya public relation sebagai elemen strategis dalam sebuah organisasi.
“Saat ini hampir tidak ada institusi yang tidak menganggap PR sebagai fungsi strategis. Public relation adalah elemen yang sangat strategis dalam sebuah organisasi. PR itu penting, dimana posisi PR harus ada di leher manajemen,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto menjelaskan, diraihnya penghargaan PRIA 2023 ini menambah kontribusi prestasi Pemkot Malang. Ia menyampaikan, di sepanjang tahun 2022, media memberikan atensi luas pada berbagai capaian yang diraih Kota Malang.
“Terekam sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional dan 13 penghargaan tingkat Jawa Timur diraih oleh Kota Malang. Wujud keberhasilan Kota Malang juga ditunjukkan dalam mayoritas indikator kinerja. Dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang meningkat ke angka 82,71,” bebernya.
Baca juga: Pemkot Malang Raih Penghargaan PRIA 2022
Di sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, capaian IPM tahun 2022 tersebut merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur. Serta jauh diatas rata-rata nasional. Dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran serta rekan-rekan media di berbagai platform atas atensinya.
“Media juga memberikan atensi pada hadirnya Malang Creative Center (MCC). Proyek MCC secara positif diberitakan media dapat mewadahi pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya. Serta menyerap lebih banyak tenaga kerja di Kota Malang sebagai penguatan ekonomi kreatif,” pungkasnya. (ws7/rhd)