Malang, SERU.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang resmi meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang. Logo ini secara resmi diluncurkan oleh Wali Kota Malang Drs H Sutiaji pada malam ‘Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang’. Bertempat di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Kamis (2/3/2023) malam.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, menyerahkan penghargaan secara langsung kepada pemenang lomba logo terpilih. Disampaikannya, logo terpilih memiliki 3 (tiga) makna filosofi dasar Kota Malang, yaitu Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan (MTB), yang dituangkan dalam desain. Diperkuat kehadiran maskot Kota Malang, yaitu Osi dan Ji, sehingga linear dengan jiwa dan semangat.
“Dari kacamata pemerintahan, Kota Malang berusia 109 tahun. Logo (HUT) perlu kita sayembarakan dan ini jerih payah 109 desainer Kota Malang. Bagaimana mandiri, tangguh, berkelanjutan, dipotret menjadi sebuah simbol,” seru Sutiaji.
Lebih lanjut, pria berkacamata itu menjelaskan, bagaimana tema dan komitmen dibangun dalam tagline “Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan”. Tiga komitmen tersebut menurutnya adalah energi positif yang akan terus dikuatkan.
“Ada kemandirian, kita berusaha mudah-mudahan Kota Malang ini menjadi kota yang mandiri. Kedua tangguh, bukan tangguh ekonomi saja, tapi kita punya perilaku dan karakter yang kuat, kita tidak mandiri sesaat namun terus. Dan ketiga, kita membangun mindset masyarakat semua bahwa yang baik itu harus diteruskan, siapapun pemimpinnya,” beber Sutiaji.
Disebutkannya, sesuatu yang baik harus dilanjutkan hingga berkelanjutan. Karena hidup itu dinamis tidak statis.
Baca juga : Pemkot Kembali Gelar Sayembara Logo 109 Tahun Kota Malang
“Hal yang mempunyai nilai baik silahkan diteruskan. Dan Alhamdulillah logo tadi mewakili itu semua,” imbuhnya.
Logo HUT ke-109 Kota Malang yang diluncurkan sebelumnya telah melalui proses penilaian yang dilaksanakan secara kolaboratif. Dengan melibatkan peran serta komunitas, insan kreatif desain dan akademisi.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto SSos menyampaikan, kolaborasi tersebut merupakan bentuk dukungan. Terhadap komitmen pengembangan ekonomi kreatif, sebagaimana visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang.
“Pelaksanaan lomba desain logo telah dimulai sejak bulan Januari 2023 melalui serangkaian tahapan sesuai kaidah. Dapat dipertanggungjawabkan serta melibatkan dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya,” urai Wiwid, sapaan akrabnya.
Ia menjelaskan, tahapan lomba mulai dari proses pengumuman, seleksi administratif dan portofolio, technical meeting, perancangan oleh 109 desainer terpilih. Selanjutnya penjurian karya, presentasi oleh top lima nominator, hingga berpuncak pada acara Launching dan Awarding Logo HUT ke-109 Kota Malang. Hingga akhirnya terpilih Logo HUT ke-109 Kota Malang rancangan desainer asal Kota Malang yaitu Fauzan Zahran.
Terpisah, Koordinator Tim Juri, Victor Abednego, ST MDs mengungkapkan, antusias warga dan mahasiswa di Kota Malang terhadap lomba logo HUT ke-109 Kota Malang sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyaknya portofolio 109 desainer yang masuk berpartisipasi dalam lomba logo HUT Kota Malang. Hingga tersaring menjadi 5 (lima) terbaik.
“Kami senang dan bangga terhadap insan-insan kreatif Kota Malang, karena partisipasinya dan semangat yang luar biasa. Terbukti kemarin ada 109 desainer yang secara portofolio sangat luar biasa,” jelas Victor, sapaan akrabnya.
Disebutkannya, ada tiga poin utama dalam lomba logo HUT ke-109 Kota Malang ini. Pertama, yang dicari bagaimana logo ini dapat merepresentasikan tema HUT ke-109 Kota Malang tahun ini. Kedua, mencari ide-ide yang di luar pada umumnya untuk maskot dan logo tahun ini.
Baca juga : Video Mapping Warnai Muka Gereja Kayutangan Saat Puncak HUT Kota Malang
“Ketiga, kami mencari orisinalitas bagaimana desainer di Kota Malang ini bisa berkarya untuk kotanya,” pungkas Victor.
Sebagai apresiasi, Pemkot Malang memberikan hadiah uang tunai Rp10,9 juta kepada pemenang pertama. Sedangkan untuk 4 pemenang lainnya tetap mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp1,65 juta.
Pemenang lomba, Fauzan Zahran mengaku, pernah mengikuti perlombaan ini sebelumnya, namun baru tahun 2023 inilah karyanya terpilih. FilosofI MTB Kota Malang dicerminkan visualisasi dari logonya. Salah satunya ditampilkan gestur Ozi dan Ji yang bergaya saling bekerjasama.
“Ketiga tema ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari visualisasi logonya, terutama seperti dari gesturnya Ozi sama Ji yang melakukan high-five, itu sebenarnya salah satu gaya kerjasama, ada kolaborasinya,” jelas Fauzan.
Baca juga : Piala Adipura Kembali ke Kota Malang
Sebagai pemuda asli Kota Malang, Fauzan tidak hanya menyampaikan harapan untuk Kota Malang melalui logo yang dibuatnya. Fauzan berharap, Kota Malang semakin maju dan berkembang dalam berbagai bidang.
“Saya berharap sebagai warga Kota Malang. Kota Malang itu bisa semakin maju, semakin berkembang, baik itu segi perekonomian, UMKM, kualitas pendidikan, dan pangan, semuanya,” pungkasnya. (adv/ws7/rhd)
View this post on Instagram