TNI Kesulitan Evakuasi Pilot Susi Air dari Kelompok KKB

Penyanderaan pilot Susi Air oleh KKB. (ist) - TNI Kesulitan Evakuasi Pilot Susi Air dari Kelompok KKB
Penyanderaan pilot Susi Air oleh KKB. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan, pihaknya masih menghadapi kendala untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Keberadaan kelompok ini bercampur dengan masyarakat setempat.

Kondisi ini mengharuskan pihaknya untuk berhati-hati dalam melakukan pembebasan sandera.

Bacaan Lainnya

“Pilot masih tetap kita usahakan dicari. Karena tentunya di dalam situasi seperti ini mereka ini (KKB) kan bercampur dengan masyarakat, sehingga TNI juga harus hati-hati di dalam melaksanakan tugasnya untuk menyelamatkan itu,” seru Yudo, Senin (27/2/2023).

Baca juga : Kapten Philips Disandera KKB Demi Papua Merdeka

Yudo mengatakan, kelompok tersebut berpindah-pindah tempat sehingga menyulitkan prajurit untuk menemukannya. Dengan kondisi ini, pihaknya masih harus membutuhkan waktu untuk mengevakuasi Kapten Philip.

“Kita optimalkan prajurit yang berada di sana, karena yang kita hadapi juga bukan musuh yang tetap, kemudian bisa berhadapan, bukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yudo mengaku jika pihaknya tidak menetapkan target untuk menyelamatkan Philip. Ia tidak ingin masyarakat sekitar justru menjadi korban dalam operasi ini.

“Sedapat mungkin kita laksanakan secara persuasif. Kita tidak mau masyarakat jadi korban karena itu,” kata Yudo.

Baca juga : Panglima TNI Yudo Margono Bantah Pilot Susi Air Disandera OPM

Setidaknya sudah tiga pekan Kapten Philip menjadi sandera KKB. Ia pernah muncul di sejumlah foto dan video yang dibagikan oleh KKB. Dalam video itu, Philip mengatakan jika dirinya disandera karena KKB menginginkan kemerdekaan Papua. (hma/rhd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *