Pj Wali Kota Batu Tekankan Pentingnya Pengembangan SDM bagi ASN

Batu, SERU.co.id – Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menekankan pentingnya pengembangan SDM bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Widyaiswara se-Jawa Timur di Royal Orchids Garden Hotel Batu, Selasa (24/1/2023) malam.

Penjabat Wali Kota Batu mengatakan, mengingat pentingnya pengembangan SDM bagi ASN, ia berkeinginan agar seluruh Eselon Il di Pemkot Batu dapat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional ll. la juga menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, telah banyak inovasi pembinaan SDM yang berdampak luar biasa. Inovasi yang muncul berdasarkan interaksi dan komunikasi sehingga menjadikan yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.

“Widyaiswara telah banyak menghasilkan inovasi yang berdampak luar biasa,” serunya.

Aries Paewai, sapaan akrabnya menegaskan, di Tahun 2023 ia berharap seluruh Widyaiswara semakin meningkatkan wawasannya. Hal ini karena adanya major challenge yang luar biasa. Tantangan tersebut antara lain reskilling dan upskilling tentang isu krisis ekonomi dan geopolitikal yang semakin memanas.

Aries menambahkan, tantangan lainnya adalah economic downturn atau tingkat inflasi yang tinggi. Situasi ini membuat suku bunga harus dinaikkan. Akibatnya terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi.

“Perkembangan teknologi dan trend penggunaan teknologi yang pesat juga membuat banyak opsi bagi SDM untuk bekerja dan mengembangkan potensi,” pungkasnya.

Tantangan terakhir, menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala BPSDM Provinsi Jatim itu adalah adanya tensi geopolitik yang tinggi. Keadaan tersebut diakui telah berdampak kepada banyak hal, baik sektor publik maupun privat. Widyaiswara sendiri adalah ASN yang diangkat sebagai pejabat fungsional untuk mendidik, dan melatih Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (Diklat) pemerintah. (dik/mzm)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!