72 Anggota PPS Batu Dilantik, Ada Pesan Khusus dari Pj Wali Kota

Batu, SERU.co.id – Sebanyak 72 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Batu mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpahnya sebagai Anggota badan adhoc KPU Batu, Selasa (24/1/2023). Pelantikan bertempat di Kusuma Agrowisata Hotel Kota Batu, dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai SSTP MM, Ketua DPRD Batu, Forkopimda, Camat, Lurah dan kades se-Kota Batu.

Ketua KPU Batu, Mardiono SHI MH mengatakan, sesuai dengan jumlah desa/kelurahan se-Kota Batu yakni 24 maka per desa/kelurahan terdapat 3 anggota PPS. Pengambilan sumpah janji itu berdasarkan Keputusan KPU No 534 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan KPU No 476 Tahun 2022. Yakni Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“PPS bertugas mengawal pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024 untuk calon anggota DPRD kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan pemilihan presiden,” serunya.

Mardiono, sapaan akrabnya menjelaskan setelah dilantik dan diambil sumpahnya, para anggota PPS akan menerima pembekalan dari Komisioner KPU. Masing- Masing-masing anggota KPU akan memberikan pembekalan sesuai dengan divisinya. Setelah itu, tugas perdana yang akan dikerjakan PPS adalah membantu KPU mencari petugas pemutakhiran data pemilih.

“Pendaftaran Pantarlih yang pelaksanaannya dimulai tanggal 26 Januari 2023 ini,” ungkap Mardiono.

Mardiono menambahkan, para PPS telah melewati tahapan tes tertulis berbasis komputer (computer assisted test) maupun wawancara. Iapun yakin anggota PPS yang terpilih memilik kredibilitas yang baik dan memiliki komitmen yang tinggi. Mardiono yakin, anggota yang dilantik hari ini adalah pilihan terbaik.

“Dengan rata-rata usia anggota PPS yang berusia 30an ini, saya juga yakin integritas, independen, dan profesional serta bisa bekerja sama sesama tim,” ujarnya.

Sorry, you cant copy SERU.co.id!