PPKM Dicabut, Sanusi Imbau Masyarakat Tetap Waspada dan Kenakan Masker

Bupati Malang, HM Sanusi. (wul) - PPKM Dicabut, Sanusi Imbau Masyarakat Tetap Waspada dan Kenakan Masker
Bupati Malang, HM Sanusi. (wul)

Malang, SERU.co.id – Meskipun sudah dilakukan pencabutan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden RI, Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Malang tetap menghimbau bagi masyarakat untuk tetap waspada dan terus menjaga kesehatan tubuh masing-masing.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, dengan adanya kebijakan tersebut merupakan pertanda sudah membaiknya kondisi dunia ini temasuk negara Indonesia dari wabah Covid-19 itu.
“Berarti kita sudah semakin baik dan sudah pulih dari pandemi Covid. Tetapi kita harus tetap waspada, jangan sampai tertular lagi,” seru Sanusi.

Bacaan Lainnya

Sanusi menyebut, masih tetap menghimbau bagi masyarakat untuk terus memakai masker terutama saat berada di kerumunan. Selain guna menghindari dari paparan virus Covid-19, masker juga dapat membantu meminimalisir penularan virus yang menyebabkan penyakit lainya.

“Masih tetap diimbau untuk di tempat-tempat tertutup, untuk memakai masker dan berupaya untuk menyeleksi orang-orang yang kemungkinan membawa virus, nggak usah terlalu didekati,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, untuk protokol kesehatan (Prokes), di tempat wisata dan tempat umum lainya juga turut dilonggarkan, meskipun tidak dihilangkan sepenuhnya. Untuk perkembangan kasus penderita Covid-19 di Kabupaten Malang juga sudah terkendali.

“Covid sudah nggak berkembang. Udah landai,” ucap Mantan dosen di Fakultas Syariah, Universitas Islam Malang tersebut.

Diketahui, dikutip dari website Sekretariat Kabinet Repubik Indonesia (Setkab.go.id), kebijakan tersebut disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Jumat (30/12/2022) lalu. Bertempat di Istana Negara, Jakarta, didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Dimana keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan dan kajian yang panjang serta dengan memperhatikan situasi pandemi di tanah air.

Diketahui, dalam beberapa bulan terakhir, pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali. Per (27/12/2022) lalu, kasus harian sebanyak 1,7 kasus per 1 juta penduduk, positivity rate mingguan 3,35 persen. Dengan tingkat perawatan rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) 4,79 persen dan angka kematian 2,39 persen. (wul/mzm)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *