Presiden Jokowi Tinjau Korban Gempa Cianjur, Pastikan Dapat Bantuan Negara

Kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi gempa Cianjur. (ist) - Presiden Jokowi Tinjau Korban Gempa Cianjur, Pastikan Dapat Bantuan Negara
Kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi gempa Cianjur. (ist)

Cianjur, SERU.co.id – Presiden Joko Widodo meninjau langsung penanganan lokasi bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Jokowi datang ke Cianjur dengan transportasi darat guna memastikan akses jalan yang sempat tertutup kini sudah bisa digunakan kembali.

Jokowi mengatakan, warga yang rumahnya rusak akibat gempa akan mendapatkan bantuan uang dari negara. Nominal yang akan diberikan berkisar Rp 10-50 juta, tergantung pada tingkat kerusakan rumah.

Baca Lainnya

“Rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan, dan yang rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan,” seru Jokowi.

Rumah-rumah yang akan dibangun di jalur sesar Cimandiri harus berkonstruksi tahan terhadap gempa. Sehingga, warga yang menghuni rumah tersebut tetap aman.

“Paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang antigempa oleh Menteri PUPR,” seru Jokowi.

“Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah antigempa,” sambungnya.

Selain daerah terdampak, kepala negara beserta rombongan juga mendatangi rumah sakit dan posko pengungsian. Jokowi turut menyampaikan belasungkawa atas terjadinya gempa tersebut.

“Atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” tuturnya. (hma/rhd)


Baca juga:

Berita Terkait