Ini Dia Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Batu Usulan dari DPRD Batu

Calon Pj Wali Kota Batu hasil dari Paripurna DPRD Batu. (ist) - Ini Dia Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Batu Usulan dari DPRD Batu
Calon Pj Wali Kota Batu hasil dari Paripurna DPRD Batu. (ist)

Batu, SERU.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu mengumumkan secara resmi tiga nama yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu. Tiga nama tersebut adalah Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Dr Hudiyono, MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Sekretaris Daerah Kota Batu, Drs. Zadim Efisiensi, MSi. Tiga nama tersebut diumumkan saat rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Kamis (17/11/2022).

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi SP mengatakan, ketiga nama itu akan dibawa ke Kemendagri bersama tiga usulan Pemrov Jatim. Termasuk tiga usulan dari Kemendagri itu sendiri. Dengan demikian terdapat sembilan nama yang akan dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA).

Bacaan Lainnya

“Para calon Pj Wali Kota dipilih dari Pejabat PNS Eselon 2 atau setingkat Kepala SKPD, dan pejabat yang dipilih tidak terbatas pada PNS Pemerintah Kota Batu,” seru Asmadi.

Asmadi, sapaan akrabnya menuturkan, masa jabatan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, akan berakhir pada Desember 2022. Selanjutnya Kota Batu akan dipimpin penjabat selama kurang lebih dua tahun atau terpilihnya wali kota definitif. Terkait pemilihan calon Pj Wali Kota Batu, ia mengaku tidak ada juknis khusus dari pusat.

“Karena tidak ada Juknis khusus terkait pemilihan calon Pj Wali Kota, Pimpinan DPRD memberikan kewenangan kepada setiap fraksi DPRD Kota Batu untuk mengusulkan maksimal 3 nama calon,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, usulan harus disampaikan secara tertulis selambat-lambatnya 15 November 2022 pada jam 12.00 WIB. Dari seluruh nama calon yang diusulkan, akhirnya ditetapkan 3 nama calon dari DPRD Kota Batu melalui rapat paripurna.
Asmadi berharap siapa pun penjabat wali kota nantinya bisa mengoptimalkan apa yang Pemerintah Kota sudah lakukan dan akan memimpin dengan Rencana Pembangunan Daerah Kota Batu Tahun 2023-2026.

“Seluruh fraksi menyepakati tiga nama usulan calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu. Ketiga nama tersebut dinilai sebagai yang terbaik untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu,” tukasnya. (dik/mzm)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *