Tiga OPD Bojonegoro Jalani Verifikasi Lapangan ZI WBK dan WBBM 2022

tiga opd bojonegoro jalani verifikasi lapangan zi wbk dan wbbm di 2022
tiga opd bojonegoro jalani verifikasi lapangan zi wbk dan wbbm di 2022

Bojonegoro, SERU.co.id – Pembangunan Zona Integritas (ZI) wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2022 memasuki tahap verifikasi lapangan (verlap). Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian PANRB melakukan verlap di tiga OPD Kabupaten Bojonegoro yang sebelumnya telah melalui evaluasi virtual Oktober 2022 lalu. 

Inspektur Inspektorat Kabupaten Bojonegoro Teguh Prihandono menjelaskan, dalam pelaksanaannya, pembangunan ZI WBK/WBBM melalui OPD di wilayah Pemkab Bojonegoro memberikan pelayanan prima melalui mutu yang baik dan biaya murah terjangkau. Selain itu juga perbaikan kesiapan sumber daya manusia untuk melayani dan juga dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai. 

Bacaan Lainnya

“Intinya pada perbaikan tata kelola. Selain itu juga memberikan pelayanan kepada berbagai usia mulai anak, remaja, hingga dewasa. Juga pelayanan yang ramah kepada kaum disabilitas,” tegasnya. 

Adapun pelaksanaan verlap di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui Mall Pelayanan Publik dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dilakukan Senin (14/11/2022). Sedangkan Selasa (15/11/2022) verlap dilakukan di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). 

Sesuai SE Menteri PANRB No. 15 Tahun 2022 tentang pengusulan unit kerja dalam evaluasi ZI menuju WBK/WBBM, Tim Penilai Internal (TPI) yakni Inspektorat Kabupaten Bojonegoro mengirimkan tiga (3) OPD untuk menjalani ZI. 

TPN yang melakukan verlap ke Bojonegoro terdiri dari dua orang, yaitu Afif Nur Wahid dan Wahyu Kusumaningtyas. TPN melakukan berbagai evaluasi, mulai evaluasi administrasi, evaluasi kecukupan bukti dukung, evaluasi survey (kepuasan masyarakat dan persepsi anti korupsi) beserta desk, dan lapangan (field). Selain itu juga mendalami berbagai terobosan di masing-masing OPD. Salah satunya melalui website Si Maniz (Sistem Informasi Manajemen Perizinan). 

Verlap untuk wawancara lapangan juga dilakukan guna lebih mendalami tupoksi-tupoksi OPD agar lebih jelas. Karena zona integritas akan membuat OPD berjalan optimal dalam tugasnya sehingga memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (*/ono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *