Gantikan Prof Iwan Nugroho, Dr Agus Tugas Sudjianto Pimpin Universitas Widyagama

Kota Malang, SERU – Tongkat estafet kepemimpinan Rektor Universitas Widyagama (UWG) Malang berlanjut. Usai dipimpin oleh Prof Dr Ir Iwan Nugroho, MS, selama 2 periode, 2011-2015 dan 2015-2019, tampuk kepemimpinan digantikan oleh Dr Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, pada periode 2019-2023. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Gedung Widya Graha, Universitas Widyagama, Malang, Selasa (17/12/2019).

Mengemban amanah ini, Rektor UWG yang baru, Dr Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, telah menyiapkan jurus jitu dalam mendongkrak jumlah mahasiswa. Yaitu dengan merangkul alumni di 12 propinsi, termasuk alumni yang ada di luar negeri.

Bacaan Lainnya

“Kampus swasta itu pembiayaan (pendapatan, red) terbesar dari SPP mahasiswa. Untuk menggenjot Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), kami modifikasi dengan bersinergi bersama Ikatan Alumni (IKA) Widyagama yang ada di 12 provinsi. Termasuk di luar negeri, Timor Leste. Harapannya, mungkin ada saudara, adik, atau putra-putri mereka yang ingin kuliah di Widyagama,” ungkap Agus, yang memberikan kemudahan pendaftaran melalui IKA UWG.

Disebutkannya, saat ini UWG berada di ranking 76 untuk PTN PTS se-Indonesia, rangking 68 di bidang kemahasiswaan, dan kelas utama dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat. “Tugas kami untuk melanjutkan apa yang telah dicapai dalam kepemimpinan Prof Iwan. Yaitu dengan meningkatkan posisi kampus riset dan entrepreuner ini,” seru Agus, yang berhasil menyisihkan 11 kandidat bakal calon Rektor.

Selain itu, timnya akan berupaya untuk meningkatkan akreditasi prodi-prodi yang masih terakreditasi C. Disebutkannya, beberapa prodi mengalami kenaikan signifikan, dimana hal itu menjadikan daya tarik mahasiswa baru untuk bergabung. Baik karena prestasi maupun status akreditasi.

“Perkembangannya luar biasa. Seperti teknik industri di Fakultas Teknik, beberapa prodi di pertanian, dan lainnya. Yang masih akreditasi C, kedepan kami dorong reakreditasi bisa naik jadi B. Kami akan berusaha memenuhi 9 kriteria nya,” beber Agus, sembari menambahkan akan menggandeng beberapa konsultan akreditasi agar bisa memenuhi kriteria.

Sementara itu, Rektor UWG sebelumnya, Prof Dr Ir Iwan Nugroho, MS, mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UWG yang selama ini bersama-sama memajukan UWG dengan memberikan yang terbaik. Dirinya pun juga meminta maaf jika dirasa ada yang kurang.

“Selama 8 tahun atau 2 periode, tentunya banyak suka dan duka. Alhamdulillah bersama teman-teman kami dapat bekerjasama, sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk kampus Universitas Widyagama Malang. Selanjutnya kedepan adalah tugas Rektor baru untuk mengemban amanah,” ungkap Iwan, sembari berpesan agar terus menjaga kekompakan. (rhd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *