Israel Dipastikan Bisa Masuk ke Indonesia Untuk Piala Dunia U-20 2023

: Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Iwan Bule. (ist)
Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Iwan Bule. (ist)

Jakarta, SERU.co.id – Tim nasional sepak bola Israel dipastikan dapat memasuki wilayah Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-29 2023 yang digelar di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan, seluruh negara yang lolos Piala Dunia U-20 2023 dapat masuk ke Indonesia, termasuk Israel.

Bacaan Lainnya

“Masalah itu sudah kami bahas sejak tahun 2019. Semua negara yang lolos mengikuti Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain,” seru Zainudin, Senin (27/6/2022).

Zainudin menyebut, sepak bola harus dipisahkan dari kepentingan politik. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan FIFA, di mana setiap negara bisa berlaga pada setiap turnamen FIFA meskipun tuan rumah tidak memiliki hubungan bilateral dengan peserta.

“FIFA sudah menyampaikan kepada kami, negara mana pun yang masuk ke Piala Dunia U-20 2023, harus bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pihak keamanan kita pasti akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sekjen PSSI Yunus Nusi menyampaikan hal senada. Ia mengatakan, pihaknya siap mengakomodasi kepentingan timnas Israel selama berada di Indonesia.

“Soal Israel, kami rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah pada tahun lalu. Siapa pun bisa datang. Kami tetap mengakomodasi Israel. Itu adalah keputusan terakhir kami pada rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel,” ungkapnya.

Timnas U-20 Israel dipastikan akan tampil pada Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. Hal ini dipastikan usai Israel memastikan satu tempat di semifinal Piala Eropa U-19 2022.

Hal tersebut kemudian mengembuskan kabar jika tim Israel tidak dapat masuk ke wilayah Indonesia karena kedua negara tidak memiliki hubungan bilateral. Ada juga pihak yang mengaitkan dengan sikap Indonesia yang selama ini membela Palestina dalam konfliknya dengan Israel. (hma/rhd)

Baca juga :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *