Polres Bondowoso Siapkan 250 Personel Pengamanan Pilkades Serentak 2019

DISIAGAKAN: Polres Bondowoso siapkan 250 personel pengamanan Pilkades Serentak 2019 pada 18 Desa di 10 Kecamatan di Bondowoso. (foto: ido).  

Bondowoso, SERU– Polres Bondowoso menyiapkan sebanyak 250 personel menjaga keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Bondowoso 2019 pada 12 Desember nanti.  Mereka akan melakukan pengamanan pesta demokrasi di 18 Desa yang tersebar pada 10 kecamatan di  Kota Tape –sebutan melegenda Kabupaten Bondowoso-.

Wakapolres Bondowoso, Kompol David Subagio     menjelaskan, sebanyak 250 personel disiapkan polres, itu untuk pengamanan sebelum, saat hari H,  dan hingga setelah Pilkades Serentak Bondowoso 2019. ”Karena, kami anggap tingkat kerawanan semua Desa yang melaksanakan pilkades serentak sama.

Sehinggakesiapan pengamanan kita selalu maksimal di setiap Desa yang melaksanakan pilkades serentak,” jelas Kompol David  usai Forum Grup Diskusi (FGD) Pengamanan Pilkades Serentak Bondowoso 2019 di di Hotel Ijen View, Selasa (12/11/2019.

Selain pengamanan, menurut Kompol David, polisi sudah mulai melakukan pencegahan terjadinya konflik dan gesekan antar pendukung calon kepala desa (cakades). Sehingga, jika  potensi konflik dan gesekan besar,  polres menerjunkan personel pengamanan lebih banyak. ”

Kompol David Subagio, Wakapolres Bondowoso. (foto: ido)

”Personel pengamanan kita kumpulkan di Mapolres Bondowoso. Ketika terjadi potensi konflik, ada satu kompi personel langsung diterjunkan melakukan pengamanan,” terangnya.

Kompol David juga menambahkan, polres akan mendeteksi potensi terjadinya perjudian, kampanye hitam, dan politik uang yang dapat mengakibatkan gesekan antara pendukung cakades paska pilkades serentak. Bahkan, polres membentuk tim gabungan reserse dan intelejen yang memantau kemungkinan ada yang memanfaatkan pilkades serentak sebagai sarana perjudian. ”Tim gabungan reserse dan intelejen bekerja tertutup dan kami turunkan dari awal. Selain itu, polres akan memaksimalkan fungsi tiga pilar Desa, yakni polisi Babinkamtibmas, TNI Babinsa, dan Pemdes ikut mengamankan pilkades serentak,” tandasnya. (ido).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *