Tawur Kesanga Nyepi 2022 di Pura Luhur Dwijawarsa Kota Malang, Tanpa Pawai Ogoh-Ogoh

Pura Luhur Dwijawarsa tampak depan, pusat sembayang upacara Nyepi 2022. (ws4) - Tawur Kesanga Nyepi 2022 di Pura Luhur Dwijawarsa Kota Malang, Tanpa Pawai Ogoh-Ogoh
Pura Luhur Dwijawarsa tampak depan, pusat sembayang upacara Nyepi 2022. (ws4)

Malang, SERU.co.id – Upacara Tawur Kesanga, atau upacara sebelum peringatan Nyepi 2022, dipusatkan di Pura Luhur Dwijawarsa, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (2/3/2022). Diikuti sekitar 150 umat  Hindu se-Kota Malang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Yayasan Pura Luhur Dwijawarsa, Wayan Sunarya mengatakan, Tawur Kesanga adalah ritual untuk menyeimbangkan hubungan antara Tuhan, manusia dan alam semesta. Digelar sehari sebelum peringatan Nyepi itu sendiri, Kamis (3/3/2022).

Bacaan Lainnya

“Sehari sebelum nyepi, ada upacara tawur kesanga, tanggal dua lusa. Dipusatkan di pura ini,” seru Wayan Sunarya, kepada SERU.co.id, ditemui sepulang dari peringatan upacara Melasti, di Pantai Balekambang.

Ketua Yayasan Pura Luhur Dwijawarsa, Wayan Sunarya, ditemui di Pura Luhur Dwijawarsa. (ws4) - Tawur Kesanga Nyepi 2022 di Pura Luhur Dwijawarsa Kota Malang, Tanpa Pawai Ogoh-Ogoh
Ketua Yayasan Pura Luhur Dwijawarsa, Wayan Sunarya, ditemui di Pura Luhur Dwijawarsa. (ws4)

Warga Malang yang tidak bisa hadir saat Tawur Kesanga, bisa melakukan ritual upacara di rumah. Karena kapasitas pura dibatasi lima puluh persen dari biasanya. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran covid 19.

Senada, Ketua Panitia Nyepi, Wayan Mundra menyatakan, biasanya upacara dilakukan di Lapangan Rampal Kota Malang. Namun selama pandemi dua tahun ini digelar di halaman Pura.

“Tidak ada media online dan tidak ada pawai ogoh-ogoh dalam nyepi tahun ini,” tambahnya, kepada SERU.co.id.

Setelah Tawur Kesanga, umat Hindu akan merayakan Nyepi, Kamis (3/3/2022), dimulai jam 6.00. Selama 24 jam dengan puasa Catur Brata. Diantaranya Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelanguan dan Amati Lelungaan. (ws4/rhd)


Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *