FEB UB ‘Coaching Digital Marketing Berbasis Marketplace’ pada UMKM

Coaching Digital Marketing Berbasis Marketplace pada UMKM Sangkres dan UMKM Tahu Nusa. (ist) - FEB UB 'Coaching Digital Marketing Berbasis Marketplace' pada UMKM
Coaching Digital Marketing Berbasis Marketplace pada UMKM Sangkres dan UMKM Tahu Nusa. (ist)

Malang, SERU.co.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) melalui skema FEB Bersama Mitra Mengabdi melaksanakan pengabdian masyarakat. Dengan judul ‘Coaching Digital Marketing Berbasis Marketplace pada UMKM Sangkres dan UMKM Tahu Nusa’ di Dialoogi Space and Coffee.

Selaku Instruktur, Muhammad Najib Abdulrahman mengatakan, pengabdian ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada UMKM mengenai digital marketing berbasis marketplace. Karena zaman sekarang sudah menjamur secara digital, selain untuk memperkenalkan produk juga menambah

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini diharapkan agar dapat mewujudkan output pada UMKM yang berupa peningkatan selling dan manfaat sosial berkelanjutan,” seru Muhammad Najib Abdulrahman, Jum’at (6/11/2021).

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Farah Wulandari Pangaestuty, SE ME PhD. Pengabdian ini menghadirkan Ronny Ersya Novianto Putra, SE MA dan Muhammad Najib Abdulrahman selaku instruktur. Serta Palestin Tara Lathifaniya dan Muthia Alvi Aulia Wahyudianti sebagai anggota.

UMKM sasaran ialah UMKM Sangkres dan UMKM Tahu Nusa, keduanya merupakan UMKM makanan di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Keduanya telah melaksanakan produksi berbasis pemberdayaan masyarakat.

Najib menjelaskan, bisnis yang efektif memiliki tiga tahapan, yakni strategi mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya dengan mengupas berbagai fitur dan trik yang dapat mendatangkan trafik maksimal.

“Strategi selanjutnya, mengubah trafik menjadi penjualan dengan mengupas berbagai fitur dan trik, agar konversi penjualan meningkat,” imbuhnya

Lebih jauh, strategi terakhir yakni meningkatkan nilai penjualan setiap customer dengan mengupas berbagai fitur dan trik agar customer berbelanja lebih dari satu produk.

Ada faktor lain yang juga mempengaruhi. Karena dalam dunia digital memiliki keywoard tersendiri dalam menaikkan rating  penjualan.

“Terdapat beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap trafik, antara lain pencairan (search engine), foto thumbnail, iklanku shopee, promo shopee dan flash sale, teknik varian serta broadcast chat,” pungkasnya. (jaz/rhd)


Baca juga:

disclaimer

Pos terkait