DPRD Bondowoso Segera Tetapkan Empat Nama Pimpinan Definitif 2019-2024

Bondowoso, SERU- Satu per satu pimpinan DPRD Bondowoso sementara  menyelesaikan tugas-tugas pokoknya. Selesai mengumumkan pembentukan enam fraksi melalui rapat paripurna internal DPRD Bondowoso pada Senin (9/9/2019), tugas pokoknya berikutnya segera dituntaskan pimpinan DPRD sementara.      ”Rabu besok tanggal 11 September 2019, kami menggelar rapat paripurna pengumuman penetapan pimpinan DPRD Bondowoso definitif periode 2019-2024,” kata H. Ahmad Dhafir, Ketua DPRD Bondowoso sementara, Selasa (10/9/2019).

            Dhafir menjelaskan, paripurna pengumuman penetapan pimpinan DPRD definitif digelar, karena empat partai politik (parpol) peraih kursi terbanyak hasil Pemilu Serentak 2019 yang berhak atas kursi pimpinan DPRD Bondowoso periode 2019-2024 sudah menyerahkan nama calon ke Sekretariat DPRD. ”Karena sudah lengkap, ya kami gelar rapat paripurna. Empat nama calon pimpinan definitif yang diserahkan ke Sekretariat DPRD, itu diusulkan berdasarkan surat rekomendasi parpol masing-masing,” jelasnya.

            Namun, Dhafir enggan membeberkan nama-nama calon yang akan diumumkan dan ditetapkan menjadi ketua dan tiga wakil ketua DPRD Bondowoso definitif. Dia hanya mengaku, PKB sebagai parpol peraih kursi terbanyak di DPRD memberikan surat rekomendasi pada dirinya menjadi ketua DPRD Kota Tape –julukan Bondowoso- periode  2019-2024. ”PKB sudah menunjuk saya sebagai Ketua DPRD Bondowoso. Kalau tiga nama calon wakil ketua yang menjadi milik PDI-P, PPP, dan Golkar, bisa tanyakan ke Sekretariat DPRD,” ungkap  Ketua DPC PKB Bondowoso ini.

            Terpisah, Ketua DPC PDI-P yang juga Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, H. Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, satu kursi Wakil Ketua DPRD Bondowoso definitif periode 2019-2024 milik PDI-P dipercayakan pada Sinung Sudrajat. ”Sinung Sudrajat dipercaya menjadi Wakil Ketua DPRD Bondowoso periode 2019-2024 berdasarkan surat rekomendasi DPP PDI-P. DPC PDI-P Bondowoso sendiri, sebelumnya mengusulkan lima nama dan yang direkomendasikan DPP PDI-P, Sinung Sudrajat,” kata Irwan.

            Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melalui Ketua DPC PPP Bondowoso, Buchori Mun’im tidak banyak bicara soal nama yang diusulkan menjadi Wakil Ketua DPRD definitif. Namun, Buchori tidak mengelak dirinya yang mendapat surat rekomendasi DPP dan DPW PPP Jatim untuk menduduki kursi Wakil Ketua DPRD definitif periode lima tahun kedepan. ”Insyaallah begitu,” katanya singkat.

Sementara Sekretaris DPD II Partai Golkar Bondowoso, Ady Kreisna terang-terangan mengatakan, surat rekomendasi DPP Partai Golkar menunjuk Supriyadi, Ketua DPD I Partai Golkar  Bondowoso sebagai Wakil Ketua DPRD periode 2019-2024. ”Untuk kursi wakil ketua DPRD, Partai Golkar menunjuk bapak Supriyadi dan untuk ketua fraksi menunjuk bapak Kukuh Rahardjo,” kata Kriesna.

            Plt. Sekretaris DPRD Bondowoso, Agus Winarno membenarkan rapar paripurna pengumuman dan penetapan pimpinan DPRD Bondowoso definitif periode 2019-2024 digelar hari ini (11/9/2019).  Ini karena, empat parpol pemilik kursi pimpinan DPRD definitif sudah melaksanakan tugas menyerahkan nama calon pimpinan. ”Hasil kesepakatan dari paripurna pengumuman dan penetapan pimpinan DPRD Bondowoso definitif, ini kemudian diserahkan ke Gubernur Jatim untuk segera mendapat SK, sehingga bisa segera dilakukan pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan pimpinan DPRD definitif,” terangnya. (ido)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *