Wali Kota Resmikan TANIA, Layanan Pelanggan Tugu Tirta Berbasis AI 24 Jam, Cukup WhatsApp 08117550800

Wali Kota Resmikan TANIA, Layanan Pelanggan Tugu Tirta Berbasis AI 24 Jam, Cukup WhatsApp 08117550800
Penekanan tombol peresmian TANIA, layanan pelanggan Tugu Tirta berbasis Artificial Intelegence 24 jam. (rhd)

Malang, SERU.co.id – Wali Kota Malang meresmikan aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA). Inovasi layanan pelanggan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang ini berupa pelayanan informasi dan aduan selama 24 jam. Inovasi berbasis AI yang terintegrasi WhatsApp 08117550800 dan aplikasi Tugu Tirta Connect (TTC) ini diklaim sebagai pionir BUMD air minum se-Indonesia.

Wali Kota Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengapresiasi, layanan informasi dan aduan berbasis artificial intelegence TANIA selama 24 jam. Menurutnya, kecepatan dan ketepatan merupakan bentuk keniscayaan utama dalam pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan AI TANIA ini, respon pelayanan makin cepat, hemat sumber daya, jawabannya lengkap, tentunya menjadi inovasi luar biasa. Langkah berani Tugu Tirta ini diharapkan dapat menginspirasi BUMD dan OPD lain di bidang pelayanan untuk dapat mencontoh dan bertransformasi digital,” seru Wahyu, dalam sambutan peresmian TANIA di TUIN Command Center Perumda Air Minum Tugu Tirta, Jl. Terusan Danau Sentani No.100 Kota Malang, Rabu (27/8/2025).

Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan Dirut Perumda Tugu Tirta Priyo Sudibyo, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)
Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan Dirut Perumda Tugu Tirta Priyo Sudibyo, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Menurutnya, terobosan inovasi pelayanan berbasis AI TANIA ini, mendukung Dasa Bakti Unggulan yaitu Ngalam Nyaman. Kehadiran TANIA menjadi bukti BUMD bisa sejajar dengan perusahaan besar dalam mengadopsi teknologi terbaru. Sekaligus menandai langkah maju dalam pelayanan publik yang semakin modern, responsif dan dekat dengan pelanggan.

“Saya berpesan, dengan inovasi kecepatan pelayanan TANIA, harapannya ekseskusi di lapangan juga harus cepat, jadi sama-sama berubah lebih baik. Jangan sampai inovasi pelayanan informasi dan aduan 24 jam, namun penanganan di lapangan masih terbatas waktunya. Karena target kepuasan pelanggan itu nomor satu,” pesan orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini.

TANIA Wujud Komitmen Kepuasan Pelanggan 24 Jam dalam 4 Bahasa

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo SE SSos MM menegaskan, kehadiran TANIA merupakan wujud komitmen perusahaan untuk kepuasan pelanggan dengan terus berinovasi. Lebih dari sekadar chatbot, TANIA dirancang sebagai mitra digital yang mampu belajar dan beradaptasi dengan pola pertanyaan pelanggan.

Tampilan chatbot TANIA berbasis AI melayani informasi dan aduan pelanggan Perumda Tugu Tirta. (rhd)
Tampilan chatbot TANIA berbasis AI melayani informasi dan aduan pelanggan Perumda Tugu Tirta. (rhd)

“Artinya, semakin sering digunakan, semakin cerdas pula sistem ini memberikan solusi. Sekaligus menegaskan, Tugu Tirta tak sekadar menyediakan air minum, tapi juga pengalaman layanan modern yang sejalan dengan perkembangan zaman,” tegasnya.

Pihaknya memastikan pelanggan semakin mudah berinteraksi dengan Tugu Tirta, baik layanan teknis, akses informasi cepat, tepat dan transparan. Dengan dukungan teknologi AI yang terintegrasi dengan WhatsApp dan aplikasi Tugu Tirta Connect (TTC), pelanggan bisa mendapatkan jawaban instan sesuai kebutuhannya. Cukup dengan scan barcode TANIA atau WhatsApp ke nomor 0811-7550-800.

“Bahkan TANIA bisa menjawab pertanyaan dalam empat bahasa. Yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Jawa dan Madura,” terang Sam Bogank, sapaan akrabnya.

Perumda Tugu Tirta Targetkan Empat Gebrakan Inovasi selama 2025

Selama tahun 2025, TANIA merupakan inovasi gebrakan ketiga Perumda Tugu Tirta, sebagai pionir berbasis AI pertama di BUMD air minum se-Indonesia. Dimana inovasi pertama, produk meteran unggulan horizontal atas yang terdaftar di HaKI, kedua pelopor air siap minum Porprov dengan memecahkan Rekor MURI.

“Gebrakan inovasi keempat, masih rahasia. Insyaallah diluncurkan September dan lagi-lagi akan jadi yang pertama di BUMD air minum se-Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perpamsi, Ir. Arif Wisnu Cahyono ST memberikan apresiasi khusus. Pasalnya, Tugu Tirta menjadi BUMD air minum pertama yang adaptif dengan pemanfaatan kecerdasan buatan dengan konsen pada pelayanan prima pada pelanggan.

“Pelanggan Tugu Tirta kini semakin dimanjakan dengan layanan yang cepat, praktis dan humanis. Sama halnya bagi Perpamsi maupun BUMD air minum, kepuasan pelanggan adalah tujuan utama. Sekaligus energi untuk terus berinovasi, dimana Perumda Tugu Tirta menjadi rujukan dan percontohan BUMD air minum se-Indonesia,” ungkap Wisnu. (rhd)

disclaimer

Pos terkait