Polres Batu Aksi Pasang Stiker Call Center 110 Di Lokasi Strategis Demi Pelayanan Cepat

Polres Batu Aksi Pasang Stiker Call Center 110 Di Lokasi Strategis Demi Pelayanan Cepat
Petugas memasang stiker di pintu masuk obyek wisata. (foto:ist)

Batu, SERU.co.id – Anggota Samapta Polres Batu dan Polsek jajaran menggelar kegiatan pasang stiker dan menyebarkan Pamflet informasi Call Center 110 di berbagai lokasi strategis si Kota Batu, Minggu (1/6/2025). Aksi ini merupakan salah satu langkah konkret Polres Batu dalam menggaungkan Call Center 110 secara door do door.

Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata melalui Kasat Samapta AKP Giyanto mengatakan, pemasangan stiker sengaja dilakukan di tempat yang ramai dikunjungi maupun di tempat strategis lainnya. Mulai dari lokasi wisata hingga pemukiman warga yang tersebar di wilayah Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polri dalam mensosialisasikan pentingnya layanan darurat Call Center 110 kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Langkah ini untuk mempercepat masyaraat dalam mendapatkan pelayanan dari petugas kepolisian,” serunya.

Layanan Call Center 110 sendiri merupakan sarana aduan dan pelaporan masyarakat secara cepat dan gratis. Call Center 110 dapat digunakan untuk melaporkan kejadian darurat seperti tindak kriminal, kecelakaan, atau gangguan keamanan lainnya. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Call Center 110 dan memastikan masyarakat mengetahui cara menggunakan layanan tersebut.

“Kami ingin masyarakat tahu bahwa mereka tidak sendirian ketika menghadapi situasi darurat. Cukup dengan menghubungi 110, petugas kami akan segera merespons dan memberikan bantuan secepat mungkin,” tuturnya.

“Melalui penyebaran stiker-stiker ini, informasi layanan Kepolisian bisa diakses dengan mudah, bahkan oleh masyarakat yang berada di pelosok atau lokasi wisata yang ramai pengunjung,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, petugas tidak hanya menempelkan stiker, namun juga memberikan edukasi singkat mengenai situasi yang tepat untuk menghubungi 110. Masyarakat juga diberikan himbauan untuk tidak menyalahgunakan layanan tersebut. Masyarakat diminta untuk tidak main-main atau iseng dalam menggunakan layanan Call Center 110.

“itu bisa mengganggu pelayanan bagi warga lain yang benar-benar membutuhkan bantuan,” pungkas Kasat Samapta

Anggota Polres Batu dan Polsek Jajaran secara langsung menyambangi sejumlah destinasi wisata unggulan di kawasan Bumiaji, seperti Coban Talun, Selecta, dan kawasan petik apel. Stiker bertuliskan Call Center 110 ini dipasang di tempat-tempat yang mudah dilihat, seperti papan informasi, pos penjagaan, warung wisata, hingga tempat parkir.

Petugas juga berdialog langsung dengan para pelaku usaha dan pengunjung di lokasi seputar tempat pemasangan untuk memberikan pemahaman tentang kegunaan layanan tersebut. (dik/ono)

 

Pos terkait