Jakarta, SERU.co.id – Sebagai bentuk dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JNE menggandeng e-commerce Shopee menggelar “Gollaborasi” bertemakan “UMKM Creative Movement”. Acara ini menggarisbawahi pentingnya kreativitas bagi pelaku UMKM di tengah meningkatnya kompetisi di era digital saat ini.
SVP Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi menjelaskan, kolaborasi antara JNE dan Shopee telah membuka peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Gollaborasi diikuti oleh 100 UMKM asal Jakarta di Aroem Jakarta.
“Dengan memanfaatkan sinergi antara keduanya, UMKM dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” seru Eri Palgunadi, dalam keterangan resminya, Kamis (22/8/2024)
Sejak tahun 2017, program JNE Gollaborasi telah konsisten memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Melalui serangkaian program edukasi komprehensif, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM. Tentang strategi penjualan di era digital, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.
Sebagai perusahaan logistik nasional yang telah berdiri lebih dari 33 Tahun, JNE senantiasa mendukung kolaborasi positif dan kerja sama dengan seluruh mitra. Khususnya dukungan dan layanan untuk perkembangan para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
“Dalam era digital yang serba cepat, setiap pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan tantangan yang ada. Persaingan yang ketat menuntut setiap pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat agar tetap relevan dan unggul,” imbuhnya.
JNE sebagai mitra logistik telah bekerja sama dengan Shopee semenjak tahun 2016 terjalin sampai saat ini, memiliki kontribusi positif bagi UMKM. Permintaan volume layanan logistik terus meningkat, terutama pertumbuhan pelaku UMKM menggunakan Shopee sebagai platform e-commerce untuk berjualan secara online.
“Ke depan kami berharap, kerja sama yang terjalin dapat terus berkembang. JNE berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan inovasi mendukung pengembangan bisnis bagi kemajuan UMKM Indonesia,” tegas Eri.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minardi mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama dengan JNE. Kerja sama yang sudah berlangsung 8 tahun, adalah bentuk komitmen terus membangun ekosistem belanja yang mumpuni.
“Agar UMKM bisa naik kelas dengan strategi kreatif yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan platform e-commerce. Shopee berkomitmen terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh kota di Indonesia. Dengan didukung oleh layanan logistik andal dari JNE,” ungkap Daniel.
Para pelaku UMKM yang hadir mendapatkan banyak pengetahuan, mulai dari pemahaman yang lebih mendalam tentang tren pasar. Hingga solusi praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis online.
Seller Mentor Shopee, Kho Jonathan turut berbagi tips dan trik menjadi UMKM naik kelas di Shopee. Menurutnya, Gollaborasi adalah kesempatan luar biasa bagi para UMKM untuk belajar dan berkembang. Mengenali tipe pembeli toko adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
“Saya berharap dengan pengalaman saya mengenai cara mengetahui perilaku pelanggan, kita bisa mengatasi tantangan dan mengubahnya menjadi peluang untuk sukses,” jelas Om Botak, sapaannya.
Usai di Jakarta, acara ini akan diselenggarakan di Kota Bandung guna meningkatkan kreatifitas dan daya saing UMKM di era digital. (*/rhd)