Jakarta, SERU.co.id – Garuda Indonesia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Pocari Sweat meluncurkan kolaborasi kampanye #SweatToDiscover mendukung perkembangan sport tourism di Indonesia. Kampanye ini merupakan implementasi nyata untuk terus mengajak masyarakat Indonesia lebih sehat, dengan berkeringat dan berolahraga. Sembari menjelajahi alam dan budaya yang sangat beragam di Indonesia.
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Vinsensius Jemadu mengatakan, pertumbuhan sport tourism di Indonesia memiliki potensi yang begitu besar. Hingga bisa mencapai Rp18,79 triliun di tahun 2023.
“Kolaborasi sinergis antara pemerintah, BUMN, serta swasta menjadi kunci untuk optimalisasi pertumbuhan sport tourism. Sekaligus langkah nyata untuk memajukan pariwisata Indonesia,” seru Vincen, sapaan akrabnya, dalam keterangan resminya.
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra menyampaikan, Garuda Indonesia melihat pertumbuhan yang signifikan dari komunitas olahraga. Sebagai salah satu penggerak pariwisata yang lebih berkelanjutan. Kolaborasi ini merupakan wujud komitmennya sebagai maskapai penerbangan pembawa identitas bangsa dalam menopang dan mendukung keberlanjutan pariwisata nasional.
Baca juga: Takluk dari Australia, STY Sebut Performa Terbaik Garuda
“Berbagai bentuk sport tourism sebagai salah satu pangsa pasar yang memiliki potensi menjanjikan untuk dikembangkan. Mengingat banyaknya komunitas olahraga yang saat ini semakin berkembang. Dan selalu menginginkan petualangan baru dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata unggulan di Indonesia,” kata Irfan.
Kolaborasi mendukung sport tourism ini menghadirkan pengalaman penerbangan spesial dengan livery khusus Pocari Sweat pada pesawat BOEING 737-800NG milik Garuda Indonesia. Pesawat kolaborasi ini terbang perdana pada 3 Februari 2024 ke salah satu rute destinasi favorit untuk wisata sport tourism Indonesia, yaitu Batam.
Baca juga: Cetak Sejarah Lolos 16 Besar, Presiden Jokowi Pastikan Beri Bonus Timnas Indonesia
“Pesawat ini nantinya akan digunakan untuk melayani berbagai penerbangan, baik untuk rute-rute domestik maupun untuk rute-rute internasional,” terangnya.
Sementara itu, Direktur Marketing PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati menyampaikan, pesan Sweat to Discover untuk mendukung masyarakat Indonesia untuk lebih sehat. Oleh karena itu, kolaborasi bersama Garuda Indonesia pada kampanye #SweatToDiscover sebagaimana pencanangan Pemerintah Indonesia akan besarnya potensi sport tourism di tanah air.
“Momen penerbangan perdana di 3 Februari juga menjadi momen spesial, karena bertepatan dengan hari ulang tahun PT Amerta Indah Otsuka ke-27 tahun. Para penumpang Garuda Indonesia nantinya bisa merasakan Pocari Sweat di dalam pesawat. Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari dukungan kami kepada pemerintah akan perkembangan sport tourism di Indonesia,” ucap Wina, sapaannya.
Garuda Indonesia juga menjadi salah satu mitra strategis untuk Pocari Sweat dengan menjadi official airline melalui kegiatan Pocari Sweat Run dan Sport Tourism. Akan melibatkan puluhan ribu pelari dan sport enthusiast dari seluruh Indonesia sebagai salah satu rangkaian pada kolaborasi ini di tahun 2024. (*/rhd)