Tingkatkan Pelayanan, Damkarat Bojonegoro Targetkan Waktu Respon 15 Menit dari Pengaduan

Petugas Damkarat Bojonegoro selalu siaga atasi kebakaran. (foto:ist)

Dalam upaya pencegahan, lanjut Aris, Dinas Damkarat Bojonegoro melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat. Mereka juga membentuk tim relawan pemadam kebakaran yang disebut REDKAR (Relawan Damkar) yang bertugas membantu petugas pemadam kebakaran. Pada Peraturan Daerah (Perda) No. 15 tahun 2015, sudah diatur larangan membakar sampah karena dapat menyebabkan polusi. Terlebih lagi, pada musim kemarau panjang seperti saat ini, risiko kebakaran rumah sangat tinggi.

“Kami selalu mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah maupun lahan,” tegasnya.

Selain kebakaran, Dinas Damkarat Bojonegoro juga sering menangani kasus-kasus lain seperti evakuasi sarang tawon dan ular. Berdasarkan pemetaan Damkar, binatang paling berbahaya yang pernah ditangani adalah ular kobra. Ular lebih cenderung memilih habitat yang lembab. Ketika ular masuk ke dalam rumah, ada dua tujuan utamanya yaitu untuk bertelur dan mencari mangsa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah agar tidak lembab sehingga ular tidak mendekat.

Dalam tahun 2022, Teguh menerangkan terdapat 934 kejadian yang ditangani oleh Damkarat Bojonegoro. Sedangkan pada tahun ini, hingga bulan Agustus, sudah terjadi 635 kejadian. Untuk informasi lebih lanjut atau melaporkan kejadian, masyarakat dapat menghubungi call center Damkar di nomor 0353 113. Jumlah petugas Damkar di Kabupaten Bojonegoro mencapai 115 orang yang tersebar di 8 pos di seluruh wilayah kabupaten.

Aris mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bojonegoro yang turut berpartisipasi dalam upaya menekan jumlah kejadian kebakaran dengan tidak membakar sampah dan lahan. Dinas juga mengapresiasi kontribusi dari Redkar dan pahlawan pembantu pemadam kebakaran yang telah banyak membantu dalam penanganan kebakaran sebelum petugas Damkar tiba di lokasi kejadian. Dinas Damkarat juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, POLRI, dan Satpol PP atas bantuan akses jalan yang memungkinkan petugas Damkar dapat tiba di lokasi kejadian dengan cepat.

“Jika ada situasi berbahaya, masyarakat Bojonegoro diimbau untuk langsung menghubungi Damkar. Kami siap memberikan pelayanan 24 jam dan pelayanan kami tidak dipungut biaya,” tambahnya.

Dengan kerjasama antara Dinas Damkar, masyarakat, dan pihak-pihak terkait, diharapkan jumlah kejadian kebakaran dapat terus ditekan dan keamanan serta keselamatan masyarakat Bojonegoro tetap terjaga. (*/ono)

disclaimer

Pos terkait