Wisata Petik Apel Batu Naik 75 Persen, Didominasi Warga Jakarta

Batu, SERU.co.id – Tidak hanya objek wisata buatan yang mengalami peningkatan kunjungan signifikan di musim lebaran 2022 ini. Wisata agro di Kota Batu juga mengalami hal yang sama. Salah satunya adalah wisata petik apel yang berada di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Pengelola wisata apel Mandiri, Dusun Gerdu, Tulungrejo Batu, Endik Cahya Setya Utama mengatakan untuk libur lebaran tahun ini peningkatan kunjungan wisata di tempatnya mengalami peningkatan 75 persen. Bahkan pada  Jumat (6/5/2022) dalam satu hari mencapai 750 pengunjung. Pengunjung didominasi warga Jakarta dan sekitarnya.

“Rata-rata dalam rombongan keluarga dari Jakarta, wilayah Jabodetabek dan Jawa barat,” serunya.

Kondisi panen pengunjung wisata petik apel itu disyukuri betul oleh petani dan pengelola wisata petik apel. Ini dikarenakan adanya  pelonggaran kegiatan mudik di tengah pandemi Covid-19. Beberapa tahun sebelumnya, wisata petik apel ikut ‘terjun bebas’ bersama industri pariwisata yang lain akibat tidak adanya pengunjung.

“Banyaknya kunjungan tahun ini bisa jadi penghibur bagi kami yang dua tahun sebelumnya dalam kondisi terpuruk akibat covid,” jelasnya.

Parkir kendaraan pengunjung yang mendatangi kebun apel. (ist) - Wisata Petik Apel Batu Naik 75 Persen, Didominasi Warga Jakarta
Parkir kendaraan pengunjung yang mendatangi kebun apel. (ist)

Endik Gilang, sapaan akrabnya menuturkan, dirinya bersama paguyuban pengelola wisata petik apel di kota Batu terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para pengunjung. Tujuannya agar para pengunjung mau datang lagi di kemudian hari. Melakukan wisata petik apel sekaligus membawa apel sebagai buah tangan untuk keluarganya.

“Harapan kami mereka bisa datang lagi kesini dalam kegiatan perjalanan dari instansi atau perusahaannya. Kalau yang sekarang ini semuanya adalah liburan keluarga,” harapnya.

Dirinya juga mengaku, usai dari musim libur lebaran ini, dirinya juga akan mempersiapkan kebun apel untuk musim libur sekolah dalam waktu beberapa bulan ke depan. Mengingat, salah satu segmen terbesar pengunjung wisata petik apel di Batu adalah pelajar yang melakukan perjalanan study tour sekaligus wisata. Selain bebas memetik apel di tengah kebun,  mereka juga akan mendapatkan edukasi seputar tanaman apel. (dik/ono)


Baca juga: