Webinar Nasional Sport Health Seminar With Real Action 2022 (STARWARS)

PRESS RELEASE

Webinar Nasional Sport Health Seminar With Real Action 2022 (STARWARS)

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM)

Dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di masa pandemi sekaligus menuju era 5.0, dibutuhkan kegiatan aktivitas fisik yang optimal untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas masyarakat. Sementara itu, munculnya tren “remaja jompo” menjadi tantangan bagi kaum remaja selama masa pandemi berlangsung. Tren “remaja jompo” ini merupakan fenomena dimana banyak remaja mengeluh bahwa diri mereka merasa tidak bugar dan mudah lelah, layaknya orang tua yang sudah renta sehingga kata “jompo” dianggap tepat mendeskripsikan fenomena tersebut.

Sport Health Seminar with Real Action 2022 (STARWARS 2022) merupakan Seminar Nasional Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Bentuk kegiatan yang diusung pada STARWARS 2022  adalah forum diskusi dengan mendatangkan pemateri yang ahli dalam bidangnya dengan mengangkat tema “Cultivating Physical Activity as a Responsive Solution to Improve Health and Immunity for Women and Children During Pandemic” yang bertujuan untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai berbagai tantangan dan kebutuhan manusia yang terus berubah (dinamis) serta pemecahannya dengan pola pikir yang dinamis  melalui pendekatan aktivitas fisik. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sharing dan diskusi secara online  dan difasilitasi oleh Juru Bahasa Isyarat (JBI) agar dapat bermanfaat secara inklusif terutama pada kelompok disabilitas.

Antusiasme masyarakat terhadap STARWARS 2022 terlihat dari jumlah partisipan yang mencapai 300 lebih orang dengan sebagian besar merupakan kalangan mahasiswa dari universitas yang beragam. Tidak luput antusiasme masyarakat mulai dari ibu rumah tangga, tenaga Kesehatan, tenaga pendidik, hingga partisipan dari kaum disabilitas pun turut meramaikan acara tersebut. Selain pemaparan materi dengan tema keolahragaan, ditampilkan juga demonstrasi olahraga yang dilakukan pada penghujung acara. Demonstrasi ini diikuti oleh banyak partisipan. Hal ini menunjukan bagian dari “Real Actions” yang diusung melalui nama STARWARS tersebut.

Dalam rangka mewujudkan peningkatan aktivitas fisik di masa pandemi bagi wanita dan anak, Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang sukses menyelanggarakan Webinar Nasional dengan tema: “Cultivating Physical Activity as a Responsive Solution to Improve Health and Immunity for Women and Children During Pandemic”.


Hari, tanggal    : Sabtu, 28 Mei 2022

Pukul                   : 08.00 – 12.40 WIB

Tempat                : Zoom Cloud Meeting

NARASUMBER:

  • dr. Akbar Ghaus S.Ked (Medical Doctor and Certified Fitness Coach)
  • dr. Sophia Hage, S.pKO (Sport Medicine Specialist)
  • Kurniati Rahayuni, S.Psi, M.Psi, Ph.D (Dosen FIK UM & Peneliti Psikologi Olahraga)

STAR INSTRUCTOR:
Dr. Surya Adi, M.Pd, AIFO (Dosen FIK UM)

MODERATOR:
dr. Erianto Fanani, M.KKK (Dosen FIK UM)

Ketua Pelaksana Windi Chusniah Rachmawati, S.K.M, M.Kes


Baca juga: