Walikota Sutiaji: Sinergi Membangun Malang Raya Jadi Komitmen Bersama Tiga Wilayah

Malang, SERU.co.id – Bertempat di Gedung Arjuno Bakorwil III Malang, Kamis (27/5/2021), telah dilaksanakan penandatanganan kesepahaman bersama / MOU tentang kerjasama pembangunan daerah di wilayah Malang Raya. Yakni antara Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kota Batu.

“Sinergi Membangun Kebersamaan, dan kita telah diapresiasi Presiden. Kalau daerah mampu demikian, maka pembangunan daerah mudah menyelesaikan,” seru Walikota Malang Sutiaji.

Kerjasama Daerah Malang Raya ini merupakan perpanjangan kesepakatan bersama kembali dalam rangka mewujudkan Malang Raya Maju bersama. Hal ini selaras dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) no 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah. Sinergitas ini akan menjadi dasar dalam kerjasama ketiga daerah tersebut yang muaranya akan membawa manfaat dalam pembangunan Malang Raya kedepannya.

“Sinergi ini harus dikuatkan bukan hanya sinergi pembangunan, sinergi bagaimana penguatan UMKM, kebijakan-kebijakan daerah dan seterusnya” tambah Sutiaji.

Dalam kesepakatan ini, Walikota Malang menjelaskan nilai strategis MoU tersebut. Di MOU itu dikuatkan antar urusan, di antaranya urusan pariwisata antar dinas pariwisata, PU antar dinas PU, dan seterusnya.

Selanjutnya, Kepala Bakorwil III Malang Sjaichul Ghulam menyampaikan MOU ini penting sebagai dasar sinergi Malang Raya.

“Intinya begini, kita tahu Malang Raya ini kan lokasinya kan berdempet-dempetan. Apapun kebijakan yang berkaitan di Malang Raya ini harus diketahui oleh kepada daerah yang ada di Malang Raya. Artinya MOU ini menjadi dasar kerjasama-kerjasama lainnya,” tegasnya.

Hadir dalam acara penandatangan kerjasama daerah Malang Raya, di antaranya Kepala Bakorwil III Malang Drs Sjaichul Ghulam, MM, Walikota Malang Drs Sutiaji, Wawali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Bupati Malang Drs H Didik Gatot Subroto, SH, MH, Wawali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, SH, MM dan Kepala Perangkat Daerah se-Malang Raya. (ws1/rhd)


Baca juga: