Wakil Wali Kota Malang Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan

Malang, SERU.co.id – Dalam meningkatkan kesadaran warga Kota Malang terhadap lingkungan, Wakil Wali Kota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko mengajak masyarakat untuk aktif dalam menanam pohon.

Perilaku deforestasi (penebangan hutan) dan pembabatan pohon, secara langsung akan berdampak kepada keberlanjutan ekosistem. Penanaman dan penghijauan merupakan salah satu perilaku yang dapat mempertahankan tatanan lingkungan hidup, maka diperlukan suatu kesadaran untuk hal itu.

“Kesadaran masyarakat di Kota Malang, hari demi hari sudah bagus. Tapi ada masyarakat yang masih kadang-kadang demi kepentingan ekonomi dan lain, akhirnya mengorbankan kepentingan lingkungan,” seru Sofyan Edi Jarwoko, setelah menghadiri dialog seputar lingkungan hidup, di Memoir Studi, Kamis (19/5/2022).

Diketahui sebelumnya, Wakil Wali Kota Malang tersebut di berbagai kesempatan telah aktif dalam gerakan menanam. Dirinya mengatakan, perilaku konservasi lingkungan itu harus dipupuk sejak dini, yang harapannya agar dapat berkelanjutan.

“Makanya saya konsentrasi kepada anak-anak TK hingga SMA, ini merupakan bagian dari pendidikan karakter. Gemar menanam supaya kelak pada saat ia besar nanti menjadi kebiasaan dan karakter mereka,” imbuhnya.

Kepada SERU.co.id, Edi mengungkapkan, di Kota Malang sendiri untuk capaian luasan tata ruang masih 10 persen lebih. Hal tersebut masih dibawah target pemerintah perihal Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Untuk itu, saya mengajak kepada semua pihak, terutama generasi muda agar terus melakukan upaya dan ikhtiar semaksimal mungkin. Sebab ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi bersama-sama, untuk kepentingan manusia dan alam,” kata pria yang akrab disapa Bung Edi tersebut.

Bung Edi menegaskan, Pemerintah Kota Malang berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya dalam menjaga lingkungan hidup. Dan mengajak serta, warga Kota Malang untuk sadar terhadap lingkungan di sekitar.

“Dari sekian ratus ribu masyarakat kalau semuanya menyadari itu, itu akan dahsyat. Ternyata kita bisa untuk membangun daripada lingkungan yang sehat,” tutupnya. (ws5/ono)


Baca juga: