Wadahi Aspirasi Karyawan Kontrak, Polinema Miliki Serikat Pekerja Kampus Perjuangan

“Hanya BPJS Ketenagakerjaan yang telah dikabulkan sekitar bulan April 2022 lalu, lainnya belum. Itupun karena ada respons BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang menindaklanjuti aspirasi dari para tenaga kontrak SPKP Polinema,” tukasnya.

Dalam pantauan SERU.co.id bersama awak media lainnya, meski kantor Serikat Pekerja Kampus Perjuangan Politeknik Negeri Malang beralamatkan di Jalan Remujung 01, RT 03 RW 03, Jatimulyo, Lowokwaru, Kota Malang. Namun, pihak kampus Polinema menyediakan kantor di salah satu ruangan di Graha Polinema sebagai kantor sekretariat. Tentunya, hal positif yang menggambarkan hidupnya demokrasi di dalam kampus.

Sementara itu, disinggung permintaan dua poin yang belum dikabulkan, Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT mengatakan, secara bertahap pihaknya akan mengkaji lebih dulu. Dimana saat ini pihak kampus Polinema masih mencari dasar pijakan hukum atau undang-undang yang tepat.

“Sedang kami kaji untuk pijakan dasar hukumnya, mana yang bisa mengakomodir dengan tepat dan sama win-win solution. Kami tak mau gegabah, selain khawatir tak tepat, juga serikat pekerja ini baru di lembaga kampus,” ucap Pak Pri, sapaan akrabnya melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga menjanjikan kepada awak media akan menyediakan waktu untuk konferensi pers terkait serikat pekerja. Namun, sepekan berlalu hingga berita ini diturunkan, belum terealisasi lantaran kesibukan Direktur Polinema.

bukti pencatatan spkp polinema dari disnaker pmptsp
Ketua dan Sekretaris SPKP Polinema, menunjukkan Bukti Pencatatan SP/SB Kampus Perjuangan Polinema dari Disnaker PMPTSP Kota Malang. (rhd)

Sebagai informasi, serikat pekerja yang diklaim pertama pada universitas di Indonesia, yakni KOPERDJA (Konsolidasi Pekerja Padjajaran), serikat pekerja di Universitas Padjajaran. Serikat pekerja ini terdeklarasi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada April 2017.

Uniknya, serikat pekerja ini diakomodir oleh sekelompok Mahasiswa Universitas Padjajaran atas permasalahan-permasalahan mendasar yang dieluhkan para pekerja. Hingga menjadi serikat pekerja kampus pertama di Indonesia, karena belum ada pada universitas negeri maupun swasta yang mengorganisir para pekerjanya untuk berserikat. (rhd)


Baca juga:

Sorry, you cant copy SERU.co.id!