Wabup Jember Gus Firjaun Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi dan Pelayanan Adminduk

Jember, SERU.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman meninjau kegiatan vaksinasi massal serta pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). Bertempat di kantor Desa Kemuning Lor, Kecamatan Panti, Sabtu (15/01/2022).

Kegitan ini diadakan dalam rangka, percepatan target cakupan vaksinasi di Kabupaten Jember. Serta upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, dalam melakukan penataan, penertiban  dan penerbitan dokumen data kependudukan bagi masyarakat.

“Ini adalah langkah untuk percepatan vaksin, sekaligus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait adminduk. Ini untuk meningkatkan Kreatifitas, Inovasi, Produktifitas, (KIP) kita, yang selama ini kita masih butuh untuk digenjot lagi,” seru Wabup Gus Firjaun.

Wabup mengatakan, untuk Kecamatan Panti tinggal vaksinasi bagi lansia yang masih perlu adanya peningkatan. Ia mengatakan, perlu adanya tindakan lain yang bisa mempercepat program vaksinasi. Seperti melakukan penjemputan atau mendatangi rumah warga.

“Untuk Kecamatan Panti, tinggal sedikit lagi yang akan mencapai target 70 persen. Namun kategori lansia yang masih perlu digenjot lagi, karena lansia programnya belakangan lantaran resikonya lebih tinggi,” bebernya.

Untuk layanan On The Spot Dispendukcapil Jember berbasis mobil keliling yang digelar di kantor Desa Kemuning Lor. Menurut tinjauan Wabup Gus Firjaun, warga sangat antusias untuk mengurus adminduknya.

“Melihat antusias warga, ini sangat dibutuhkan. Karena rata-rata masyarakat di pedesaan ini, kalau harus mengurus Adminduknya di kantor admindukcapil ini terlalu jauh. Dan akan menimbulkan penumpukan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kemuning Lor Abdul Waqik menyampaikan, ia merasa senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Karena menurutnya, kegiatan adminduk banyak diminati oleh warga yang ingin merevisi KK dan melakukan perekaman KTP.

“Saya mengapresiasi masyarakat, karena antusiasnya sangat tinggi. Memang sebelumnya, ada pelaksanaan vaksinasi dan adminduk, tetapi tidak sebanyak ini peminatnya,” pungkasnya. (yas/rhd)


Baca juga: