Varian Corona India dan Afrika Selatan Sudah Masuk Indonesia

Jakarta, SERU.co.id – Menter Kesehatan Budi Gunadi menyatakan, mutasi virus corona asal India dan Afrika Selatan telah ditemukan di Indonesia. Mutasi asal India teridentifikasi di DKI Jakarta, sedangkan mutasi asal Afrika Selatan ditemukan di Bali.

“Tadi sudah dilaporkan ke pak Presiden, karena sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India ada dua insiden. Yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden untuk mutasi Afrika Selatan yang masuk yang ada di Bali,” ujar Budi, Senin (3/5/2021).

Temuan ini menambah mutasi varian virus corona di Indonesia sebanyak enam varian, yaitu D614G, B117, N439K, E484K, B1525, dan B1351. Mutasi-mutasi ini masuk dalam kategori yang diperhatikan oleh WHO sebab penularannya lebih tinggi.

“Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dari yang lain,” kata Menkes.

Budi meminta agar upaya pelacakan dilakukan semakin ketat. Masyarakat juga diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan. (hma/rhd)


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *