Vaksinasi Tahap Dua, Kota Malang Bakal Pakai Vaksin Buatan Bio Farma

Malang, SERU.co.id – Vaksinasi menjadi pilihan kebijakan pemerintah secara preventif penanganan covid-19. Bahkan rencananya vaksinasi selanjutnya menggunakan produk Indonesia. Salah satunya, kabar vaksinasi tahap dua di Kota Malang bakal menggunakan vaksin dari PT Bio Farma.

Perbedaan vaksin ini tidak jauh dengan vaksin Sinovac. Bahan dasar dari Tiongkok diolah di Indonesia, tidak ada tambahan lagi. Kemudian masuk dalam proses pengolahan.

“Bahan dasarnya saja tetep dari China Sinovac, kemudian diolah oleh Bio Farma. Pengolahannya saya kurang tau, cuman dari bahan dasar itu diolah diproses menjadi vaksin,” papar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif.

Vaksin tersebut akan diolah oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi vaksin dan antisera. Saat ini PT Bio Farma berkembang menjadi perusahaan Life Science, yang masih mengambil bahan dari Sinovac.

Terkait gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dr Husnul mengatakan, kejadian tersebut pasti ada yang mengalami, tapi hanya orang-orang tertentu.

“Sementara KIPI itu terjadi setelah imunisasi. Tergantung dari kondisi tiap-tiap orang,” ungkapnya.

Selain itu, dr Husnul Muarif menambahkan, tidak akan menambahkan jumlah vaksinator dan tidak memberikan pelatihan lagi. Karena proses petunjuk teknis (juknis) masih sama seperti vaksinasi pertama.

“Tidak perlu pelatihan lagi,” pungkasnya. (ws1/rhd)