Usung Misi Sosial, Abd Saleh Air Force Run 2020 Gratiskan Peserta Disabilitas

• Luncurkan program Bedah Rumah bagi penduduk sekitar

Malang, SERU – Sukses dengan dua even sebelumnya, Lanud Abdulrachman Saleh kembali menggelar Abdulrachman Saleh Air Force Charity Run 2020. Agenda tahunan kali ketiga memperingati Bulan Dirgantara sebagai rangkaian HUT TNI AU yang jatuh pada 9 April ini, bakal kembali dilaksanakan di Lanud Abd Saleh, Malang, pada 19 April 2020.

Pengalaman dengan dua even tahun sebelumnya, Lanud Abd Saleh bakal mengemas sedikit berbeda dan unik, dibandingkan dengan even sebelumnya. Tak hanya perhelatan lari sebagai wadah olahraga, rekreasi dan kesehatan, namun juga mengusung misi sosial atau Charity. Moto yang diusung, nikmat berlari dan beramal di Run Way.

“Tak hanya sekedar lari, peserta juga dapat berekreasi menikmati pemandangan pegunungan dan udara bersih menyehatkan di lintasan pesawat, serta beramal. Sebab kami kemas juga dalam bentuk giat sosial Bedah Rumah bagi penduduk yang tinggal di sekitar Lanud Abd Saleh. Dan gratis bagi peserta disabilitas. Dananya diambilkan dari sebagian tiket HTM itu,” ungkap Komandan Lanud (Danlanud) Abdurahman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat, kepada SERU.co.id, di Gedung Binayudha, Lanud Abd Saleh, Senin (23/12/2019) pagi.

Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Hesly Paat (kiri), didampingi Kadis Ops Lanud Abd Saleh, Kol (Pnb) Erwin Sugiandi, saat preskon. (rhd)

Ditambahkan pria asal Manado ini, Lanud Abd Saleh juga mengajak para penyandang disabilitas untuk memeriahkan giat tersebut, dan ikut serta turun dalam kelompok 5k. “Gratis HTM untuk teman-teman disabilitas yang mau ikut turun di kelompok 5k. Saya lihat banyak peserta disabilitas yang memiliki kemampuan lebih. Ada juga yang menggunakan kursi roda. Bahkan, nantinya akan kami ajak terbang bersama menggunakan pesawat Hercules C-130,” seru Danlanud.

Secara teknis, Abdulrachman Saleh Air Force Charity Run 2020 dibuka untuk 2 kelompok lari menurut jarak tempuh, yaitu 5k dan 10k. Dimana tiket peserta dibanderol Rp 160 ribu untuk 5k, dan Rp 185 ribu untuk 10k, untuk semua kelompok umur putra dan putri. Fasilitas yang didapatkan berupa jersey, race bag, medali, dan refreshment (minuman dan buah) saat finish.

“Ada kenaikan tiket Rp 10 ribu dibandingkan tahun lalu. Namun kenaikan itu, untuk program Charity. Tidak mengurangi fasilitas yang didapatkan peserta,” terang Kadis Ops Lanud Abd Saleh, Kol (Pnb) Erwin Sugiandi, sekaligus Ketua Panitia, mendampingi Danlanud, sembari menambahkan hiburan yang bisa dinikmati peserta, berupa terjun payung, terbang layang menggunakan C-130 Hercules, demo udara, atraksi Bridge Gun, dan demo pembebasan sandera.

Bersama jajaran dan panitia dari Lanud Abd Saleh. (rhd)

Disinggung jumlah rumah yang akan di bedah, Erwin menargetkan minimal 1 unit rumah. Namun tak menutup kemungkinan akan bertambah, seiring meningkatnya jumlah peserta dan sponsorship yang masuk. “Tahun lalu, diikuti sekitar 3.500 peserta dengan 3 kelompok lari. Dengan 2 kelompok lari, minimal target kami tahun ini sekitar 3.000 peserta. Semoga bisa lebih,” beber Erwin.

Nantinya, para peserta akan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah Grand Prize 3 unit sepeda motor. Sementara, juara 1, 2, dan 3 untuk kelompok 5k, akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 3 juta, Rp 2 juta, dan 1 juta. Sedangkan juara 1, 2, dan 3 untuk kelompok 10k, akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 5 juta, Rp 3 juta, dan 2 juta. “Bagi 50 finisher pertama, akan diajak terbang naik Hercules,” tandas Erwin. (rhd)